Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
03 Okt 2012
GKPI Cahaya Marihat Kobun adalah salah satu jemaat filial (pagaran) dari GKPI Resort Siantar V. Saat ini, jumlah warga jemaat 35 keluarga.  Keseluruhan warga jemaat bermata pencaharian  sebagai petani


 Satu hal yang memprihatinkan adalah kebanyakan para petani tersebut tidak memiliki lahan sendiri. Kalaupun ada yang memiliki lahan,  paling luas lahannya hanya 2000 m2. Kebanyakan dari mereka bekerja di lahan yang mereka sewa. Keadaan ini membuat mereka tidak mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang mereka kerjakan. Selain itu, biasanya mereka telah terlebih dahulu dililit hutang dengan bunga yang tinggi, untuk biaya produksi mengerjakan lahan tersebut.

Situasi di atas, membuat kehidupan warga jemaat  tersebut sulit untuk mengalami peningkatan hidup. Dari hari ke sehari, mereka hanya bekerja untuk dapat makan saja. Untuk menyekolahkan anak-anak ke jenjang pendidikan yang lebih baik, mereka pun tidak mampu, apalagi untuk membeli lahan.

Melihat kondisi di atas, Pdt.SP Hutagalung,STh (mantan Pimpinan Pusat GKPI) sangat prihatin.  Beberapa kali beliau berdiskusi dengan Pdt.Parsaoran Sinaga (Pendeta Resort Siantar V), bagaimana untuk menolong para petani tersebut.  Akhirnya, setelah melalui  assessment  yang mendalam, didasari oleh suatu kerinduan untuk berbuat, disepakatilah untuk mengorganisir mereka dalam sebuah wadah yang dinamakan “Kelompok Tani Sekata”. Tujuan pembentukan wadah itu adalah pengembangan dan pemberdayaan ekonomi para petani tersebut. Selanjutnya, melalui Kelompok Tani tersebut, diupayakan untuk memberikan bantuan kepada warga jemaat tersebut. Salah satu persoalan yang dihadapi warga jemaat tersebut, adalah tidak tersedianya dana. Mereka memiliki pengetahuan tentang bertani dan beternak, namun tidak memiliki dana yang cukup untuk mengembangkan pertanian dan peternakan mereka.

Syukurlah, melalui  hubungan baik  Pdt.S.P.Hutagalung,STh dengan beberapa warga jemaat GKPI yang ada di Jakarta, terkumpullah dana lebih kurang Rp.15.000.000,- (Lima belas juta rupiah).  Dana tersebut tersimpan dalam rekening a.n. Kelompok Tani  Sekata. Selanjutnya, pada hari Minggu 22 Juli 2012 dana tersebut disalurkan ke sejumlah petani. Mereka yang menerima bantuan tersebut dapat mencicil setiap kali panen (diperkirakan panen empat bulan sekali). Pinjaman tersebut diberikan tanpa bunga.  Demikianlah seterusnya, diharapkan dana yang bergulir tersebut dapat dipergunakan oleh anggota kelompok tani dengan baik untuk peningkatan ekonomi mereka. Pdt.S.P.Hutagalung juga berharap, apa yang dilakukannya bersama Kelompok Tani Sekata tersebut dapat menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain, khususnya daerah pelayanan GKPI. Karena berdasarkan faktanya, lebih dari 60 % warga GKPI tinggal di daerah pedesaan.

Adapun susunan Kelompok Tani Sekata tersebut adalah sebagai berikut:
Penasehat: - Pendeta Resort Siantar V
Guru Jemaat Pnt.B.Simamora
Pembina/Pengawas: Pdt.S.P.Hutagalung,STh
Ketua    : Pnt.Wilfrid H.Sitohang
Sekretaris : Cln.Pnt.Julia Sinaga
Bendahara: Cln.Pnt.Resmina Sitompul.



   
Source: Majalah suara GKPI Edisi September 2012
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
31 Jan 2021
“Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: "Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar." (Lukas 4:37).
30 Jan 2021
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.”(Mazmur 91:14).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2021 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.