Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
03 Okt 2012
PERESMIAN GEDUNG SEKOLAH MINGGU DAN PERESMIAN RESORT (Persiapan) KUTAI TIMUR Oleh Bapak Bishop, Pdt. Patut Sipahutar, M.Th di GKPI EBEN HAEZER
Bontang-Kaltim.






































I. SEJARAH GKPI “EBEN HAEZER” BONTANG
Setelah melalui pergumulan selama kurang lebih 2 tahun, sejak tahun 2002, maka pada tahun 2004 Pendeta Resort Balikpapan yaitu Pdt.. P. Sinaga S.Th dan rekan-rekan dari Balikpapan serta Sangatta yang selama ini terus bergumul untuk mendirikan Pos Pelayanan GKPI di Bontang telah mulai menunjukkan titik terang.

Tepat pada tanggal 2 Pebruari 2004 hari Senin, diadakan Rapat Pendirian Pos Pelayanan GKPI di Bontang bertempat di Rumah Keluarga Cln.St B. Lumban Gaol di daerah Kanaan – Bontang yang dihadiri oleh Pendeta Resort, sebagian jemaat GKPI “Bukit Zaitun” Balikpapan, Jemaat GKPI “Agape” Sangatta, Vik. J. Lumbanbatu S.Th dan dari Bontang yang antara lain terdiri dari Bapak Ardiansyah, Bapak Erwin Sibuea & Ibu (Y.R. br. Siahaan), Bapak Manat Silaban, dll, yang merupakan mantan jemaat-jemaat GKPI . Pada rapat yang didahului dengan ibadah singkat tersebut, diadakan pembentukan pengurus Pelaksana Pos Pelayanan GKPI Bontang yang dipimpin oleh Bapak Ardiansyah. Dengan terbentuknya pengurus ini, maka tanggal 2 Februari 2004 ditetapkan sebagai lahirnya Pos Pelayanan GKPI Bontang yang kemudian diberi nama Jemaat “Eben Haezer”, yang diambil dari 1 Samuel 7:12 yang artinya: “Sampai di sini Tuhan menolong kita”. Hal ini menunjukkan bahwa sampai dengan dengan terbentuknya Pos Pelayanan ini Tuhan telah menolong dan menjawab pergumulan kita selama ini, namun harapan kita bahwa Tuhan akan tetap menolong setiap pergumulan-pergumulan yang sedang dan akan kita hadapi.

Berhubung belum tersedianya sarana rumah ibadah, maka Kebaktian Jemaat GKPI Bontang dilakukan di rumah jemaat secara bergantian. Kebatian pertama dilakukan pada tanggal 13 Pebruari 2004 bertempat di Rumah Keluarga CPnt. M. Silaban di Jl. Jend. A. Yani Gunung Sari – Bontang. Jumlah keluarga yang menjadi anggota jemaat GKPI masih sedikit, berkisar 10 KK.

Setelah beberapa kali melakukan Ibadah di rumah-rumah jemaat, maka pada tanggal 29 Pebruari 2004 dilakukan Ibadah Minggu untuk pertama kalinya bagi Pos Pelayanan GKPI “Eben Haezer” Bontang, bertempat di GPPS Jl. M.T. Haryono Bontang yang dimulai pada pukul 17.00 WITA. Pemakaian gedung Gereja ini adalah berkat dukungan dan bantuan dari Bapak Pdt. Bobby Johansyah selaku Gembala Jemaat di GPPS. Ibadah ini dilayani oleh Pdt. P. Sinaga S.Th. Setelah dilakukan ibadah, kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Pelaksana Pos Pelayanan dan Calon Penatua, yaitu Bpk. Ardiansyah sebagai Ketua, CPnt. E. Sibuea sebagai Sekretaris, Ny. B. Lumban Gaol sebagai Bendahara, CPnt. M. Silaban sebagai Ketua Seksi Pembangunan dan Calon-calon Penatua lainnya yaitu CPnt. L. Manullang, CPnt. J. Sinaga dan CPnt. S.M.H. Sitompul. Dan sebagai jemaat yang baru berdiri, tugas-tugas pelayanan jemaat dibantu oleh Vik. J. Lumbanbatu S.Th dari GKPI Jemaat “Agape” Sangatta. Dengan keberadaan GKPI di Bontang ini, Pendeta Resort Balikpapan membuat surat pemberitahuan kepada pengurus PGIS-Bontang tentang telah berdirinya GKPI di Bontang. Dengan telah berjalannya kegiatan pelayanan, secara perlahan tata organisasi pelayanan kembali dibenahi dan disesuaikan dengan Aturan Gereja GKPI yang baku yaitu melalui pembentukan Majelis Jemaat. Majelis Jemaat GKPI “Eben Haezer” Bontang terdiri dari :
1. Guru Jemaat             : (Masih kosong)
2. Sekretaris Jemaat            : CPnt. E. Sibuea
3. Bendahara Jemaat            : Ny. B. Lbn. Gaol (kemudian digantikan oleh                         CPnt. J. Sinaga, sejak tanggal 23 September 2004)
4. Ketua Seksi Pembangunan        : CPnt. M. Silaban
5. Ketua Seksi PI/Diakonia        : CPnt. L. Manullang
6. Ketua Seksi Sekolah Minggu    : Ny. S.M.H. Sitompul – br. Purba
7. Ketua Seksi Kaum Bapak/Koor    : CPnt. S.M.H. Sitompul
8. Ketua Seksi Kaum Wanita        : Ny. M. Silaban – br. Pakpahan
9. Ketua Seksi Pemuda-Pemudi (PP)    : Edu H. Silaban
    
Seiring dengan berjalannya waktu, perencanaan pembangunan mulai dipertimbangkan untuk dilaksanakan. Dan pada tanggal 17 Mei 2004 dibuatlah proposal No. 001/PANPEM/V/2004 untuk menggalang dana. Sambil proposal dijalankan dan juga diikuti dengan pelaksanaan Janji Iman oleh seluruh jemaat, proses pecarian lahan gereja dilaksanakan dan akhirnya diperoleh di Jl. Lando Rundun RT 19/RW 04 Kanaan – Bontang dengan luas lahan sekitar 2500 m2, yang dibayar secara kredit selama 1 (satu) tahun.
Dengan diperolehnya lahan gereja tersebut, proses pembersihan lahan-pun dilakukan secara gotong royong dan pembuatan jembatan masuk juga dilakukan secara swadaya pada tanggal 7 Agustus 2004. Tepat pada hari Sabtu, tanggal 21 Agustus 2004 diakukan Ibadah Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sementara Gereja GKPI “Eben Haezer” Bontang. Ibadah ini dilayani oleh Pendeta Resort Pdt.. P. Sinaga S.Th dan juga dihadiri oleh sebagian jemaat GKPI “Agape” Sangatta. Dengan telah dilakukannya peletakan batu pertama ini, maka pembangunan dilakukan secara intensif dengan melibatkan jemaat-jemaat yang mempunyai kemampuan untuk membuat bangunan dan dibantu oleh seluruh jemaat secara bergotong royong setiap hari Sabtu.

Berkenaan dengan semakin mendesaknya kebutuhan pembinaan para pelayan dan juga pelayanan kepada jemaat, maka seluruh jemaat sangat memerlukan seorang vicaris, maka untuk memenuhi hal tersebut, Majelis Jemaat mengajukan surat permohonan bantuan tenaga Vicar kepada Pendeta Resort di Balikpapan melalui surat No.02/GKPI/BTG/VII/2004 tertanggal 02 Juli 2004 dan mendapat tanggapan dari GKPI Resort serta GKPI Pusat di P. Siantar yaitu dengan menyetujui untuk menempatkan Vik. J. Lumbanbatu S.Th (sebelumnya ditempatkan di GKPI “Agape” Sangatta) terhitung mulai 1 September 2004 melalui surat keputusan Pengurus GKPI Pusat No. 453/P.8/VIII/2004, yang ditandatangani oleh Bishop Ds. G.O.P. Manurung dan Sekjen Ds. S.P. Hutagalung S.Th pada tanggal 20 Agustus 2004.

II. Peresmian GKPI Eben Haezer dan Peresmian Resort (Persiapan) GKPI Kutai Timur
    Pada hari Sabtu, 04 Agustus 2012, pelayan GKPI Bontang dan beberapa panitia menyambut kedatangan bapak Bishop dan ibu, juga Pendeta Resort Balikpapan, Pdt. Untung P Hutabarat, M.Min serta seorang penatua GKPI Balikpapan, ibu Pnt. Br. Simatupang di lapangan udara PT. Badak Bontang. Selanjutnya setelah makan siang bersama, bapak Bishop dan rombongan langsung meninjau GKPI Eben Haezer Bontang dan disambut jemaat Bontang dengan sukacita. Sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah ditentukan oleh panitia kegiatan, maka pada malam harinya pukul 19.00 WITA, Bapak Bishop dan ibu, Pdt.Untung P Hutabarat, Pdt. Hendra Simarmata, Pdt. Untung Transiswanto Siagian bersama seluruh penatua dan jemaat makan malam bersama di depan gedung Gereja. Setelah makan malam usai, dilanjutkan dengan ibadah malam di Gereja Eben Haezer dan yang bertugas sebagai Liturgis adalah Pdt. Hendra C Simarmata, doa Syafaat dipimpin oleh Pdt. Untung P Hutabarat dan pengkotbah adalah bapak Bishop. Nats Khotbah yang disampaikan oleh bapak Bishop tertulis dalam Kitab Mazmur 37:23-25, beliau mengatakan sebagai seorang Kristen yang menjalani kehidupan yang penuh tantangan terutama di daerah perantauan agar senantiasa hidup hanya bersandar pada kebenaran Firman Tuhan, bukan bersandar pada diri-sendiri. Sebab hidup kita bukan ditentukan dimana kita lahir atau bekerja, tetapi dimana Tuhan kita sembah. Bapak Bishop juga mengatakan agar sejak muda memberi hati kepada Tuhan, sebagai pendoa dan mencintai kebenaran sebab Allah tidak pernah meninggalkan orang yang benar. Dengan demikian maka pada masa tuanya pun kelak akan tetap menjadi pendoa dan “pangalapan poda” (tempat meminta nasehat/wejangan). Dan orang yang mencintai kebenaran itu, Tuhan juga memperhatikan dan memberkati generasinya. Beliau juga mengajak jemaat agar meningkatkan penyembahan dan persembahan, karena itu merupakan buah dari orang-orang benar. Setelah ibadah selesai dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan mendengarkan beberapa bimbingan dari bapak Bishop tentang keberadaan GKPI sampai tahun 2012 ini. Yang menghadiri ibadah ada sebanyak 64 orang dewasa.    

          Pada hari Minggu, 05 Agustus 2012 pukul 09.00 Wita, awal prosesi mengambil tempat di rumah keluarga Silaban/Br. Situmorang yang hanya berjarak 60 Meter saja. Barisan prosesi yang terdiri dari unsur Pendeta, yaitu Bapak Bishop, Pdt.Patut Sipahutar,M.Th, Pendeta Resort Balik Papan, Pdt. Untung P Hutabarat, Pendeta Resort Lubuk Dalam, Pdt. Untung Transiswanto Siagian, Pdt. Hendra C Simarmata dan seluruh penatua GKPI Bontang, ketua panitia, penatua GKPI Balikpapan dan beberapa Pendeta gereja tetangga kota Bontang. Di depan halaman Gereja seluruh jemaat sukacita menyambut Bapak Bishop dan semua rombongan prosesi. Bapak Bishop menerima pengalungan bunga dan inang Bishop menerima bunga pangku yang diberikan oleh sie tamu kepanitiaan. Barisan Prosesi langsung menuju depan Gedung Sekolah Minggu Eben Haezer Bontang. Setelah pengguntingan pita oleh inang Bishop, dilanjutkan dengan doa peresmian gedung sekolah minggu oleh bapak Bishop. Setelah itu barisan prosesi memasuki Gedung Sekolah minggu, ternyata di dalam gedung itu sudah siap sedia seluruh anak-anak sekolah minggu dengan barisan yang teratur yang akan menyanyikan nyanyian syukur dan pujian kepada Tuhan dihadapan Bapak Bishop dan rombongan. Setelah anak-anak sekolah minggu selesai bernyanyi, bapak Bishop memimpin doa untuk anak-anak Sekolah Minggu, guru-guru sekolah minggu dan perjalanan pelayanan dibidang kategorial Sekolah Minggu.     

    Setelah keluar dari gedung sekolah Minggu, Bapak Bishop dan rombongan langsung menuju depan gedung Gereja Eben Haezer Bontang. Seluruh jemaat dan undangan seluruhnya berdiri di depan Gedung Gereja, selanjutnya doa dipimpin oleh Bapak Bishop yang dilanjutkan dengan penekanan tombol sirene dan pembukaan selubung nama GKPI EBEN HAEZER BONTANG. Selanjutnya Bapak Bishop dan prosesi serta seluruh jemaat memasuki gedung gereja dan ada sebagian yang berada di luar di bawah taruk yang telah disediakan panitia yang dilengkapi layar proyektor, karena gedung gereja tidak cukup menampung seluruh jemaat yang dan undangan yang hadir. Dalam ibadah tersebut yang bertindak sebagai liturgis adalah Pdt. Hendra C Simarmata, Pdt. Untung P Hutabarat dan Pdt. Untung Transiswanto Siagian secara bergantian. Dalam khotbah, bapak Bishop menyampaikan Firman yang berkaitan tentang makan, kerja dan hidup manusia (Yoh. 6: 25-35). Beliau mengatakan bahwa manusia membutuhkan tiga makanan, yaitu: makanan jasmani, makanan otak (intelektual), dan makanan rohani. Jika terjadi ketidakseimbangan maka akan menyebabkan ketimpangan atau masalah. Bapak Bishop juga mengajak umat agar hidup yang mengutamakan Kristus (Penyembahan yang benar), agar hidup yang saling mengampuni, menjauhi pembalasan, meningkatkan penyembahan dan persembahan di dalam gereja, sebab fungsi gereja adalah membangun dasar iman yang teguh bagi jemaatnya. Dalam ibadah itu, beberapa kontingen koor undangan mengumandangkan pujiannya bagi Tuhan, ada Koor GKPI Balikpapan, Koor Efrata (GOPKB), Koor PERKABA, PW GOPKB, Koor GKPI Eben Haezer Bontang, Trio GKPI Sangatta.   

    Setelah bapak Bishop selesai berhotbah, dilanjutkan dengan pembacaan Sejarah GKPI Ebenhaezer Bontang oleh Pnt.B.Sihombing. Setelah itu dilajutkan dengan pembacaan SK Peresmian GKPI EBENHAEZER dan pelantikan majelis jemaat GKPI Eben Haezer oleh bapak Bishop. Adapun yang menjadi susunan Badan Pekerja Harian/Majelis Jemaat GKPI Eben Haezer Bontang, Resort (Persiapan) Kutai Timur adalah periode 2010-2015 adalah sbb:
I. BADAN PEKERJA HARIAN
1. Guru Jemaat : Pnt. M.P. Situmorang
2. Sekretaris Jemaat: Pnt. M. Silaban
3. Bendahara Jemaat: T. Sibarani
II. KETUA SEKSI
1. Pembinaan/Pelayanan Rohani: Pnt. S.M.H.Sitompul
2. Sekolah Minggu : Ny. SMH. Sitompul
3. Pekabaran Injil  : Pnt. J. Purba
4. Diakonia Sosial: Ny. N. Limbong Br. Sinaga
5. Pemuda/i : Demson Siagian
6. Perempuan: Ny. M. Silaban Br. Pakpahan
7. Pria : H. Naibaho
8. Kesehatan : Ny. D. Silaban Br. Situmorang
9. Pembangunan: Pnt. M. Sihombing
10. Nyanyian Koor: Pnt. B. Sihombing
11. Usaha/Penggalangan dana: S. Silaban, SE
III. PENASEHAT        : Pnt. H. Hutagalung
IV. PENATUA
1. Pnt. M.P. Situmorang
2. Pnt. M. Silaban
3. Pnt. S.M.H.Sitompul
4. Pnt. L. Manulang
5. Pnt. J. Purba
6. Pnt. B. Sihombing
7. Pnt. M. Sihombing
8. Pnt. H. Hutagalung

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Pemekaran Resort Kalimantan Timur menjadi dua resort, yaitu:

1.    Resort GKPI Kalimantan Timur dengan jemaat-jemaat yang tergabung di dalamnya adalah GKPI      Bukit Zaitun Balik Papan, Pos Kebaktian GKPI Sepaku IV dan Pos Kebaktian GKPI Banjarmasin.
2. Resort (Persiapan) GKPI Kutai Timur, dengan jemaat-jemaat yang tergabung di dalamnya adalah        GKPI Agape Sangatta, GKPI Eben Haezer Bontang dan Pos Kebaktian GKPI Pondok Daun Bengalon  
Selanjutnya Peresmian Resort Persiapan Kutai Timur dan Pelantikan Majelis Resort persiapan GKPI Kutai Timur, Wilayah Jawa-Kalimantan. Adapun Susunan Badan Pekerja Harian/Majelis Resort Persiapan GKPI Kutai Timur, Wil. Jawa-Kalimantan Periode 2010-2015 adalah sbb:
I. Badan Pekerja Harian :
1. Pendeta Resort    : Pdt. Hendra Cipta Simarmata, S.Th
2. Sekretaris Resort    : Merliana Purba
3. Bendahara Resort    : Rikardo Sitompul       
II. Kepala Seksi :
1. Pembinaan/Pelayanan Rohani    : -
2. Sekolah Minggu            : Ny. Situmorang Br. Sinambela
3. Pekabaran Injil            : T. Sibarani
4. Diakonia Sosial            : Julviana Br. Purba
5. Pemuda/i                : Julfri Siahaan
6. Perempuan                : Ny. Pasaribu Br. Gultom
7. Pria                    : Pnt. B. Lumban Gaol
8. Kesehatan                : -
9. Pembangunan            : -
10. Nyanyian/Koor            : -
11. Usaha/Penggalangan dana    : -
      
    Setelah ibadah, dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari Ketua panitia/PHJ, Pendeta Resort Balikpapan, unsur Muspika, dari Pendeta gereja tetangga di Bontang dan terakhir kata sambutan dari Bapak Bishop. Setelah itu dilanjutkan dengan makan siang bersama. Setelah makan siang usai, dilanjutkan dengan tor-tor panitia, tor-tor Jemaat Sangatta dan Bengalon dan dilanjutkan dengan acara lelang buah dan roti. Anak sekolah minggu dan Remaja juga ikut ambil bagian dalam manortor. Dalam acara tersebut Bapak Bishop dan ibu memberikan ulos (mangulosi) beberapa anggota jemaat dan non jemaat yang sudah ditentukan oleh panitia sebelumnya. Bapak Bishop, inang, para Pendeta juga ikut ambil bagian dalam acara manortor tersebut dan kegiatan itu berjalan dengan sukacita. Dan acara terakhir adalah pemberian cinderamata oleh Panitia kepada Bapak Bishop/ibu, kepada Pdt. Untung P Hutabarat dan kepada Pdt. Untung Transiswanto Siagian. Acara selesai pukul 16.30 Wita.
 
III. Kunjungan Bapak Bishop ke GKPI Sanggatta dan Pos Kebaktian GKPI Bengalon        
    Pada hari Senin, 06 Agustus 2012 setelah makan siang bersama di Bontang, Bapak Bishop dan rombongan, yakni Pdt Untung Hutabarat, Pdt. Hendra Simarmata, Pdt. Untung Transiswanto Siagian, Inang Penatua GKPI Balik Papan dan Bendahara Resort (Persiapan) Kutai Timur, tepatnya pukul 14.00 Wita berangkat menuju GKPI Sangatta dan dalam perjalanan sekitar satu setengah jam, pada pukul 15.30 kami telah tiba di GKPI Sangatta yang disambut Oleh Guru Jemaat GKPI Sangatta. Dan pada malam hari pukul 18.30 Wita, Bapak Bishop, Para Pendeta, Penatua dan seluruh jemaat Sangatta berkumpul di gedung Gereja untuk melaksanakan ibadah malam dan yang bertindak sebagai Liturgis adalah Pdt. Hendra Simarmata dan Doa Syafaat dipimpin oleh Pdt. Untung P Hutabarat. Dalam khotbah Bapak Bishop dari Kitab Keluaran 6:2-4, 9-18 menekankan tentang kehidupan manusia jaman sekarang kaitannya dengan makanan dan pekerjaan. Beliau mengatakan bahwa yang memberi kita makan bukanlah pekerjaan kita, tetapi karena kasih dan pemeliharaan Tuhan hari demi hari. Beliau menambahkan bahwa dalam hidup ini bukan pekerjaan kita yang membuat kita berhasil, tetapi karena Tuhan yang kita sembah dimanapun kita berada (Bnd. Mzm. 127:2). Hidup kita adalah hidup yang hari demi hari disertai oleh Tuhan.

    Setelah ibadah selesai dilanjutkan dengan makan malam bersama di rumah dinas gereja tersebut dan dilanjutkan dengan sesion diskusi/sharing. Jemaat begitu antusias dalam tanya jawab yang dilakukan pada sesion itu. Dari semua pertanyaan tersebut, bapak Bishop menjelaskan tentang realita GKPI sampai saat ini, tentang resort dan apa tanggungjawabnya. Bapak Bishop juga mengharapkan agar diupayakan kerjasama yang baik antar sesama PHJ/Penatua dan PHJ/Penatua dengan Pendeta Resort Persiapan Kutai Timur demi eksistensi pelayanan GKPI di wilayah tersebut.       

    Keesokan harinya, Selasa 07 Agustus 2012, tepatnya pukul 08.30 Wita, Bapak Bishop dan rombongan, juga penatua dari GKPI Sangata ikut serta berangkat menuju Pos Kebaktian GKPI Bengalon dan pada pukul 11.00 Wita rombongan tiba disambut dengan sangat-sangat sukacita oleh seluruh jemaat ini (ada 18 KK, tetapi belum ada Penatuanya). Gedung gereja Pos Kebaktian ini masih dalam tahap pembangunan. Pukul 11.30 Wita Ibadah dimulai, yang menjadi Liturgis adalah Pdt. Untung Transiswanto Siagian, Doa Syafaat dipimpin oleh Pdt. Untung Hutabarat, Pdt. Hendra Simarmata sebagai pembaca nats persembahan. Dalam khotbah bapak Bishop dari kitab Mazmur 139:7-12 menekankan bahwa hidup bangsa Tuhan itu senantiasa dijagai dan disertai Tuhan dimanapun kita berada. Dalam kehidupan yang merindukan berkat dan penyertaan Tuhan haruslah hidup yang mengutamakan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan; baik juga dalam pekerjaan sehari-hari. GKPI dan umatnya di daerah Bengalon ini haruslah bersama-sama menyembah Tuhan sang pemberi hidup. Pelayanan Firman, pembinaan dan diakonia itulah yang terutama daam pelayanan Gereja. Tuhan telah mendahului kita kemanapun kita pergi (merantau) mencari hidup. Untuk itu tetaplah tekun di dalam penyembahan kepada Tuhan dan meningkatkan Persembahan yang terbaik kepada Tuhan.

Setelah ibadah selesai, dilanjutkan dengan makan siang bersama dan jemaat serentak mengatakan agar yang memimpin doa makan adalah Inang Bishop. Doa makan dipimpin oleh inang Bishop dan setelah itu diadakan ramah tamah dan diskusi. Dari semua pertanyaan jemaat, bapak Bishop menjelaskan agar meningkatkan kehadiran dalam peribadahan pada hari minggu, memang tantangan hidup ini adalah gaji yang tinggi ketika hari minggu; itu adalah tantangan iman yang besar pada jaman ini. Beliau juga menjelaskan tentang orangtua yang harus jadi teladan di dalam keluarga, karena mereka adalah masa depan Gereja dan persekutuan ini akan maju dan berkembang jika ada keterlibatan seluruh jemaat dan pelayan/parhalado dalam pelayanan-pelayanan Gereja. Tentang gedung Gereja yang belum selesai itu, bapak Bishop menjelaskan bahwa pembangunan rumah Tuhan (Gereja), Tuhanlah yang lebih berkepentingan membangunnya. Tuhan pasti melakukan mujizat-mujizatnya.

Setelah acara selesai, ditutup dengan nyanyian dan pembacaan Firman Tuhan serta doa oleh Pdt. Hendra Simarmata, rombongan berangkat langsung menuju kota Bontang. Rombongan berangkat dari Bengalon pukul 15.00Wita (melewati kota Sangatta) dan tiba di Bontang pukul 18.30 Wita. Dan pada malam harinya di GKPI Eben Haezer Bontang pada pukul 20.30 Wita dilanjutkan dengan pembekalan Penatua/Mejelis Jemaat oleh Bapak Bishop. Diskusi berjalan cukup alot, khususnya tentang resort yang baru diresmikan guna kemajuan GKPI kekemudian hari. Esok harinya, 08 Agustus 2012, pukul 06.00 Wita Bapak Bishop/inang dan Pdt. Hendra Simarmata menuju Lapangan Udara PT. Badak hendak menuju Kota Balikpapan, setengah jam di dalam pesawat PT. Badak dari kota Bontang, kami tiba di Balikpapan disambut Pdt. Untung Hutabarat, Bapak Sibuea dan Bapak Pakpahan dan langsung menuju Gedung Gereja GKPI Balikpapan. Di rumah dinas GKPI Balik Papan, Bapak Bishop bersama dengan Guru Jemaat, penatua dan beberapa orang jemaat mengadakan sharing singkat. Bapak Bishop menjelaskan tentang GKPI yang ada diseluruh Prov. Kaltim, analisa tentang jemaatnya, dll. Setelah doa penutup yang dipimpin oleh bapak Bishop, rombongan menghantarkan bapak Bishop/inang ke Bandara Sepinggan Balikpapan dan langsung menuju Medan-SUMUT. Majulah GKPI, khususnya yang ada di Kaltim ini. Tuhan memberkati.

Ditulis dan dikirim oleh:
Pdt. Hendra Cipta Simarmata, S.Th
Pendeta Resort (Persiapan) Kutai Timur - Kaltim    

Source: Majalah suara GKPI Edisi September 2012
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
31 Jan 2021
“Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: "Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar." (Lukas 4:37).
30 Jan 2021
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.”(Mazmur 91:14).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2021 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.