Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
28 Agt 2012
“... Hari ini... harinya Tuhan.... mari kita bersukaria.... hari ini... hari ini harinya Tuhan!”
Ya, begitu nyaringnya suara anak- anak sekolah minggu (ASM) yang  berkumpul di depan rumah dinas pendeta,bersiap untuk pergi retreat. Mereka bernyanyi dipimpin dan diiringi dengan gitar oleh Pdt. U. Hutabarat, pada hari Minggu, 29 April 2012 yang lalu. Retreat memang salah satu dari program Kerja Sekolah Minggu GKPI Bukit Zaitun 2012. Tempat yang sudah ditentukan adalah  Kawasan Wawasan Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) KM 23,Balikpapan. Tujuan dari retreat ini sendiri adalah Penyegaran rohani dan pengenalan/pembelajaran anak-anak terhadap  ciptaan Tuhan.
Setelah diberangkatkan dengan doa oleh pendeta, semua anak, Guru sekolah Minggu (GSM), beberapa orang tua serta Pnt.Ny.Simbolon (penatua yang mendampingi retreat) berjalan menuju bus yang sudah menunggu di bawah (bus tidak bisa naik ke halaman gereja disebabkan lokasi gereja yang sangat tidak memungkinkan). Keberangkatan bus 08.45 WITA, yang juga diberangkatkan Guru Huria Siregar. Dengan menempuh perjalanan sekitar 45 menit, rombongan tiba KWPLH Km.23.
Sesampainya di tempat tujuan, ASM didampingi GSM langsung menuju tempat pengamatan beruang madu yang sedang makan (dimana beruang madu merupakan maskot Kota Balikpapan,KalTim). Memang KWPLH ini dikhususkan sebagai pelestarian beruang madu. Kebetulan waktu pemberian makan beruang madu sekitar pukul 9 dan pukul 3 sore, 2 kali dalam sehari. Pengunjung disediakan anjungan yang tinggi untuk mengamati beruang, selain dipagari dengan besi, juga ada pagar lain yang dialiri listrik. Ini  dibuat untuk beruang agar tidak mendekati pagar besi. Saat ini beruang yang ada di kawasan ini cuma 8 ekor, dan banyak diantaranya dalam keadaan cacat  fisik dan mental seperti buta, taringnya hilang/ompong, serta ketakutan. Ini semua disebabkan oleh para pemburu liar yang sangat tidak bertanggung jawab. Makanya sebelum keberangkatan semua anggota rombongan sudah diinformasikan untuk tidak membuat stress  hewan ini (dengan tidak membuat suara yang nyaring), tidak memberikan makanan kepada beruang (karena selain bahaya, beruang madu cuma makanan yang segar pada umumnya buah), tidak buang sampah sembarangan dan selalu bepergian didampingi oleh  pemandu atau orang tua.  
Selesai mengamati beruang, semua masuk ke alun-alun yang telah disiapkan. Ibadah pun dimulai yang didahului dengan menanyakan ayat hafalan. Ayat hafalan sama dengan tema retreat  yakni Roma 12: 15 “Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!. Wow, ada 14 orang anak hafal!   Ibadah dimulai dengan pujian oleh GSM dan kotbah dibawakan oleh Pnt.Ny.Simbolon, dengan tema “Setia Kawan (Roma 12:15)”. Semua anak dan orang tua, mengikuti ibadah dengan hikmat. Yang sangat diingatkan pada kotbah ini Yesus adalah sahabat sejati yang tidak pernah meninggalkan kita dalam keadaan apapun. ASM yang menghafal ayat hafalan dari Belakang-Depan Ki-ka: Denise Pasaribu, Frangky Pieter, Gideon, Erika, Virginia Pakpahan, Zefanya Manulang, Nuel, Bety Simamora, Atna Pakpahan, Kevin Malau, Erika, Reva Simamora, Angel Foto atas : Anak-anak yang menghafal ayat Roma 12:15

    Selesai ibadah, berbagai kegiatan menarik sudah menanti. Selanjutnya anak-anak berlomba mencari telor paskah yang sudah ditebar dan tersembunyi di pekarangan KWLH. Ada yang dapat satu bahkan lebih dari sebutir melompat-lompat kegirangan, tapi ada juga yang menangis karena tidak dapat telor. Untuk mengantisipasi ini, tentu saja GSM sudah menyediakan telor yang tidak disembunyikan, sehingga semua anak dapat telor. Lalu mereka beristirahat sejenak.
    Selesai istirahat sejenak, anak-anak menuju rumah pengetahuan beruang dan mengerjakan kuis tentang beruang yang telah disiapkan oleh pihak KWPLH, terkecuali kelas kecil menggambar temanya beruang. Kegiatan yang satu ini bertujuan anak-anak mengenal tentang seluk beluk kehidupan beruang madu dan dapat menyebarkan info tentang pengetahuan tentang hewan ini. Beruang madu merupakan hewan langka yang dilindungi di negara kita.

Pukul 12.00 WITA, semua anak sudah menyelesaikan kuis maupun  gambar dan mengumpulkannya.  Sekarang waktunya makan siang. Semua kumpul di alun-alun,berdoa makan bersama dan makan bersama, begitu juga para pendamping/ orang tua yang ikut.
    Di retreat ini selain kita belajar Alkitab dan perilaku beruang madu, anak-anak juga diajarkan memilah sampah kering/basah yang diberi ilmu dari pihak KWPLH (Ibu Cicil). Sekarang di Balikpapan, hampir di semua tempat sudah dipisahkan sampah basah dan sampah kering. Jadi semua sampah dipisahkan baik sampah plastik, daun-daunan, makanan sisa,kertas/kardus dsb.  Pada dasarnya anak-anak ditekankan agar tidak buang sampah sembarangan. Contohnya: bila ada makanan sisa didalam kotak baiknya makanan sisa tersebut di buang ke tempat sampah basah sedangkan kemasannya ke tempat sampah kering.
Cukup menyenangkan melihat ternyata Anak-anak sekolah minggu sangat berminat untuk mengetahui cara pemilahan sampah ini serta sangat antusias saat menjawab pertanyaan dari pihak KWPLH.   

Ya, tentu saja di acara ini saat “games”, adalah saat yang dinanti-nanti. Mulai dari Cerdas Cermat Alkitab, lomba membawa mangkuk berisi air diatas serbet, memandu teman yang tak bisa melihat untuk sampai ke tujuan serta mencari benda di dalam gambar. Semua antusias, bersorak bergembira dan berlomba dengan sportif.
    Acara ini ditutup dengan pembagian hadiah-hadiah untuk semua ‘Games” dan bingkisan. Memang tidak terasa waktu bergulir, dan sudah pukul 14.00, saatnya untuk pulang ke Balikpapan. Retreat ini membawa pembaruan bagi semua yang ikut. Kotbah dan ilmu yang disampaikan semoga dapat sampai tepat sasaran dan bermanfaat serta diterapkan dalam kehidupan keseharian. Dimana anak-anak dapat lebih mengerti lagi bahwa tiada teman yang lebih setia selain Tuhan Yesus,  menyadari tentang hewan-hewan yang terancam habitatnya adalah karena tindakan kita manusia dan berusahalah untuk memperbaiki, serta mengerti tentang perlunya menjaga kebersihan lingkungan
    Tak lupa juga kami dari GSM banyak mengucapkan terima kasih buat semua dukungan yang telah diberikan gereja (Pendeta, Guru Huria, Penatua serta BPHJ), jemaat dan terlebih juga orang tua sehingga retreat ini telah berjalan dengan baik. Semoga di masa yang akan datang, retreat sekolah minggu dapat tetap dilaksanakan di GKPI Bukit Zaitun Balikpapan. Semakin banyak jiwa-jiwa yang terpanggil dan jemaat semakin bertumbuh di gereja kita.  Tuhan Yesus memberkati.


 






 



Source: Majalah Suara GKPI Edisi Agustus 2012
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
21 Sep 2020
“Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepadaNyaselama Ia dekat” (Yesaya 55:6).
20 Sep 2020
“Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya” (Lukas 17:33).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2020 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.