Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
13 Agt 2012
Minggu, 17 Juni 2012 menjadi catatan sejarah penginjilan di GKPI Adian Baja – Resort Pulo Raja – Wilayah Asahan.   Sembilan orang  awalnya menganut aliran kepercayaan Parmalim mengambil keputusan untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruslamatnya pribadi. Hal itu terbukti dalam penyerahan dirinya dengan tulus menerima Baptisan Kudus, yang dipersatukan dalam kematian dan kebangkitan Yesus.
Pembaptisan tersebut dilayani oleh Pdt. Salomo Simanjuntak (Ka. Biro IV kantor pusat GKPI bersama-sama dengan Pdt. Novendrik Tambunan (Pendeta GKPI Resort Pulo Raja).
GKPI Adian Baja merupakan area penginjilan GKPI, hal itu telah dilaksanakan sejak Ev. Siregar dan dilanjutkan dengan Ev. A.J. Siagian (sudah pensiun).  Pada tahun 1980-an GKPI melihat bahwa  Adian Baja mempunyai penduduk yang masih banyak, bahkan mayoritas memeluk aliran kepercayaan Parmalim.  Tentu GKPI sebagai gereja yang membayar hutang tentang Penginjilan, menetapkan daerah Adian Baja sekitarnya menjadi area penginjilan GKPI.
Jika kita membaca buku, bahwa pengertian Istilah Parmalim mengarah kepada penganut agama Malim. Agama Malim yang dalam bahasa Batak disebut Ugamo Malim adalah bentuk moderen agama asli suku Batak. Tujuan upacara agama ini memohon berkat Sumangot dari Debata Mula jadi Na bolon (Tuhan Yang Maha Esa), dari Arwah-arwah leluhur, juga dari Tokoh-tokoh adat atau kerabat-kerabat adat yang dihormati. Agama ini lebih condong ke paham Animisme. Agama ini bersifat tertutup, karena masih untuk suku Batak, karena upacara ritualnya memakai bahasa Batak, dan setiap orang harus punya marga, tidak beda dengan agama-agama suku-suku animisme dibelahan bumi lainnya, sifatnya tidak universal.
Untuk kedepan banyak hal yang harus dilakukan GKPI bersama dengan gereja-gereja yang ada di daerah Adian Baja dan sekitarnya. Kami mencatat minimal ada tiga hal yang sangat mendasar :
•    Bagaimana gereja khususnya GKPI dapat menunjukkan buah pekerjaannya ditengah-tengah masyarakat luas dan juga gereja secara bersama-sama  (oikumene) dapat hidup bersama rukun dan damai. Gereja sebagai tubuh Kristus, harus dapat diuji kebersamaannya untuk menjadi kesaksian bagi masyarakat luas bahkan sampai seluruh dunia ini.
•    Hidup warga gereja harus dapat menjadi teladan, terhadap masyarakat lain. Keteladanan itu juga harus dapat terlihat dari sikap pribadi, rumah tangga, dan kebersamaan dalam setiap desa.
•    Buah-buah kasih menjadi ciri khas warga gereja terhadap sesama masyarakat.
•    Dan lain-lain sebagainya.
Pelayanan dan pembinaan warga gereja harus terus menerus dilakukan. Sudah saatnya GKPI dapat mengutus pelayan khusus (full-time) yang hidup bersama masyarakat desa Adian Baja.
Marilah kita berdoa dan mendukung pelayanan penginjilan dimanapun berada, karena kita tahu bahwa penginjilan adalah tugas semua orang percaya.
“Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri.
Sebab itu adalah keharusan bagiku.
Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil”  
(I Korintus 9 : 16)
                                    Ka. Biro IV Kantor Pusat GKPI
Source: Majalah Suara GKPI Edisi Juli 2012
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
21 Sep 2020
“Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepadaNyaselama Ia dekat” (Yesaya 55:6).
20 Sep 2020
“Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya” (Lukas 17:33).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2020 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.