Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
15 Agt 2019
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih (Gal 5:13)
Saudara yang terkasih dalam Yesus Kristus,

Pada tahun ini Negara kita Republik Indonesia merayakan HUT ke 74 dengan tema: SDM Unggul, Indonesia Maju.  Dengan tema ini menunjukkan semangat yang besar dari Negara untuk bisa membangun SDM yang unggul. Sedangkan makna Indonesia maju adalah Indonesia yang bisa berkompetisi di tingkat global, Indonesia yang masyarakatnya sejahtera. 

Sebagai warga gereja sekaligus warga negara maka sejatinya warga Kristen mendukung, menghayati serta mengamalkan tema serta makna dari HUT ke 74 RI ini dalam gerak hidup. Kemajuan negara akan berdampak positif kepada kehidupan beragama.  Gereja (maksudnya: umat percaya) haruslah mensukseskan  program pemerintah, sebab pemerintah dalam pandangan Kristen sebagaimana yang disuarakan dalam Roma 13 adalah wakil Tuhan oleh karena itu sebagai warga negara patuh kepada pemerintah. Pemerintah yang dimaksud di sini adalah pemerintah yang sungguh-sungguh menjalankan roda pemerintahan yang baik dan benar. Walau pun kebebasan beragama masih harus diperjuangkan, gereja haruslah tetap ambil bagian untuk membangun negara ini ke arah yang lebih baik. 

Kemerdekaan itu identik dengan kebebasan. Namun kebebasan itu bukan kebebasan sebebas-bebasnya. Di dalam kemerdekaan itu juga ada aturan yang harus dipatuhi oleh semua orang. Itulah yang menjadi tugas dari negara untuk membuat peraturan yang berkeadilan sehingga semua warga negara memiliki hak yang sama.  

Saudara-saudara yang terkasih dalam Yesus Kristus,

Orang Kristen dan agama minoritas lainnya terkadang diperlakukan sebagai warga negara kelas dua. Ada kebebasan yang direngut. Misalnya kebebasan beribadah, kebebasan memiliki rumah ibadah. Kita membaca dan menonton ada di beberapa daerah tidak diperbolehkan gereja berdiri, demikian pula sulitnya membangun gereja. Namun sikap diskriminasi ini tidak hanya berlaku bagi gereja. Daerah yang mayoritas penduduknya Kristen pun berlaku demikian kepada umat muslim.  Tentang hal itu akan tetap ada sepanjang Sumber Daya Manusia di negara ini belum unggul. Nabi Yeremia menyuarakan kepada umat Israel yang dalam pembuangan agar tetap sedia mengembangkan SDM-nya sehingga bermakna di tengah pembuangan. Yeremia pun menyerukan  Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu. (Yer 29:7).

Saudara yang terkasih dalam Yesus Kristus,

Rasul Paulus menyatakan kepada orang percaya bahwa orang percaya adalah orang yang sudah dimerdekakan. Kemerdekaan yang dimaksud di sini adalah kemerdekaan dari kuasa dosa, kuasa kegelapan oleh Yesus Kristus dengan pengampunan dan kasih karunia. Pengampunan dan kasih ini terkadang disalahartikan. Sehingga Rasul Paulus mengkritik pandangan kebebasan berbuat dosa. Jadi bagaimana? Apakah kita akan berbuat dosa, karena kita tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia? Sekali-kali tidak (Rm 6:15). Ini adalah pandangan yang keliru tentang kasih karunia. Tidak hanya itu saja ada yang lebih mengutamakan beribadah dan mengabaikan bekerja, sehingga Rasul Paulus pun mengkritik ini dengan mengatakan: Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan (2 Tes 3:10).  Yakobus juga mengkritik orang yang mengatakan beriman namun tidak berbuat baik dengan mengatakan:  Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati (Yak 2:17). Itulah sebagian dari perilaku orang Kristen yang memandang kemerdekaan (menjadi Kristen) itu sebagai kebebasan tanpa syarat.  

Oleh sebab itu bagaimana seharusnya hidup orang percaya?

Hidup orang percaya haruslah melayani, melayani dengan kasih.  Orang yang dapat melayani dengan kasih tentu menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul, karena memandang orang lain bukan sebagai objek tetapi sebagai sahabat. Alkitab memberi contoh akan hal ini seperti Orang Samaria yang baik hati, yang tidak memandang orang lain dari suku atau agama tetapi memandang orang lain sebagai saudara yang membutuhkan pertolongan. 1 Pet 4:8 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.  Maksudnya dengan mengasihi kita tidak mendasarkan ia baik atau tidak, tetapi karena orang itu layak untuk dikasihi. 

Saudara-saudara yang dikasihi Yesus Kristus.

Kemerdekaan kita sebagai orang Kristen di Negara Republik Indonesia ini haruslah sebagai berkat yang membawa perubahan sehingga orang Kristen memiliki andil dalam Indonesia maju. Itu semua dapat kita lakukan jika SDM orang Kristen adalah SDM yang berkarakter Kristus yaitu yang berbela rasa, berpihak kepada orang tertindas, membuka diri untuk melayani, serta hidup berdampingan dengan orang lain walau beda agama.   Kita haruslah menjadi terang seperti Yesus terang dunia. Kita haruslah meneladani Sadrakh, Mesakh, Abednego yang tinggal di pembuangan, namun ia tetap hidup kudus yang akhirnya mereka adalah orang yang memiliki pengetahuan yang lebih dari pada orang lain. Kemerdekaan ini harus kita isi dengan baik melalui pendidikan spiritualitas, pendidikan karakter sebagai pengikut Kristus 

Pada bulan ini GKPI berulang tahun ke 55. Tahun yang semakin dewasa. Kedewasaan gereja bukanlah oleh karena usia tetapi di saat gereja menjadi garam dan terang di sekelilingnya. Dirgahayu GKPI, Dirgahayu Indonesia. Amin.

Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
26 Jun 2019
“Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia”.(Roma 13:10a)
25 Jun 2019
“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong”. (1 Korintus 13:4).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2019 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.