Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
21 Jun 2019
Pelayan yang ada di GKPI sebagaimana dalam Peraturan Rumah Tangga GKPI BAB XIV terdiri dari Pendeta (psl 82-90), Penatua (psl 91-95) Penginjil (Evangelis) (psl 96), Diaken/Diakones (psl 97), Pelayan Khusus Sekolah Minggu (Psl 98-99) dan Pelayan Non Tahbisan (psl 100).
Dalam Peraturan Rumah Tangga GKPI pasal 96 disebutkan Penginjil (evangelis) adalah jabatan tahbisan yang diberikan GKPI kepada seseorang yang bersedia mempersembahkan diri atas panggilan Tuhan sebagai pelayan dan/atau sebagai pegawai di GKPI, untuk melaksanakan tugas pekabaran Injil.  Ada pun tugas dari Penginjil dipaparkan dalam pasal 96 ayat 4 yaitu: 
a). memberitakan Firman Allah dengan setia dan benar; 
b). Mengamati dan menasihati dengan rendah hati dan sabar orang-orang yang menyimpang dari firman Allah. 
c) Membina pertumbuhan iman anggota jemaat menuju kedewasaan persekutuan, kesaksian dan pelayanan; 
d). Mendoakan dan melayani masyarakat agar tetap hidup dalam iman, pengharapan dan kasih Tuhan Yesus Kristus; 
e). Memupuk dan memelihara persaudaraan, kerjasama dan rasa setia kawan sesama pelayan GKPI; f). Menciptakan dan memelihara hubungan ekumenis dengan seluruh pelayan GKPI dan Gereja-Gereja tetangga; 
g)  Taat dan melaksanakan ketentuan Peraturan yang berlaku di GKPI; h). Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya Penginjil (Evangelis) berkoordinasi dengan Kepala Departemen Apostolat dan Kepala Departemen Pastorat.

Pada Kamis, 30 Mei 2019 tepat pada hari Kenaikan Tuhan Yesus, Pimpinan Sinode GKPI yaitu Bishop Pdt. Oloan Pasaribu, M.Th menahbiskan tiga orang Penginjil yaitu  Ir. Jisler Lumbanbatu anggota GKPI JK Sidikalang Kota, Tigor Parasian Lumbantobing, S.Th anggota Jemaat GKPI JK Siantar Kota dan Risda Siboro, S.Th anggota Jemaat GKPI anggota GKPI JK Perumnas II Mandala Medan. 

Bishop GKPI Pdt. Oloan Pasaribu, M.Th dalam khotbahnya dari Filipi 2:5-11 bahwa hanya dua tempat yang menantikan kita setelah meninggal dunia yaitu surga atau neraka. Kekristenan meyakini bahwa Tuhan telah menyediakan tempat bagi orang percaya yaitu surga. Di surga orang percaya akan beroleh hidup yang kekal.   Yesus Kristus naik Ke Surga. Sebelumnya, Yesus hidup bersama dengan umat manusia. Yesus Kristus menderita dan mati di kayu salib sebagai korban penebusan dosa umat manusia. Oleh karena itu sejatinya kita (umat percaya) adalah orang yang berbahagia karena Tuhan Yesus Kristus Juru selamat umat manusia naik ke surga. Jika ada orang yang murung, yang kuatir dikarenakan dia hanya memikirkan hal-hal duniawi. Pada hal dunia ini dan segala isinya akan sirna, hidup kekal hanya ada di Surga. 


Bishop GKPI mengkritik pembangunan tugu melalui sebuah cerita pada saat akhir zaman yaitu kebangkitan orang mati. Tidak semua orang batak bangkit dari kubur karena kuburan tersebut sudah dicor dan dibuat tugu.  Yang dikiritik Bishop adalah  sebagian orang batak masih lebih memperhatikan tugu dibandingkan dengan kehidupan dari keturunan yang di tugu tersebut. Tugu dibangun megah sedangkan bangunan rumah  dari keturunannya masih sederhana bahkan reot-reot. Selanjutnya Bishop mengingatkan agar jangan ada yang menyembah, memohon kekuatan dan meminta berkat kepada yang tidak bernafas (tugu) tetapi mintalah berkat hanya kepada Allah Bapa yang maha kuasa. 

Surat Filipi adalah surat suka cita, walaupun pada saat surat ini ditulis  Paulus sedang dalam penjara. Surat ini memuat nasihat yang mana Jemaat mula-mula sedang menghadapi pergumulan yang berat. Hal ini berbeda dengan keberadaan Kekristenan di Samosir yang bebas tanpa hambatan untuk beribadah. Namun ironinya tidak semua beribadah.  Disebuah daerah di Indonesia ini sangat fobia (takut terhadap salib) salib. Salib yang dikuburan saja dicabut bahkan dibakar.  Ini menjadi tantangan kepada umat  percaya dan tetap rajin dan taat beribadah.

Dalam surat Filipi ini, Rasul Paulus menguatkan iman percaya jemaat yang berada dalam pergumulan untuk berketetapan hati percaya kepada Kristus. Paulus menyuarakan kepada jemaat Filipi 
: Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus ( Songon parrohaon ni Kristus Jesus ma parrohaonmuna) (Filp 2:5).  Dalam hal menjabarkan teks ini, Bishop menyampaikan bahwa pikiran dan perasaan yang terdapat dalam Yesus kristus yaitu: pembawa damai, pengasih, tidak membalaskan yang jahat dengan yang jahat, menyangkal diri, pengampun.  Bishop mengatakan tidak mungkin Yesus Kristus memerintahkan dan mengajarkan hal yang tidak mungkin dapat kita lakukan.  Kita saja yang malas berbuat seperti Kristus. Manusia kadang menjadi sumber kejahatan, belum ada yang dilakukan oleh orang lain kepada dirinya manusia itu sudah merancang yang jahat, ADONG DI DONGANNA LATE ROHANA, NDANG ADONG DI DONGANNA PIS MATANA. 

Bishop menyampaikan realitas umat manusia yaitu apa yang ada di hati  kita itu yang kita ucapkan Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati.Ai ia i na manggohi roha, matua i do hatahonon ni pamangan (Mat 12:34). Hal ini menggambarkan bahwa kita ini tidak sempurna. Kita sempurna jika berada di dalam Kristus (II Kor 12:9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.) 

Bishop kembali mengingatkan bahwa kesempurnaan itu ada di dalam Kristus, oleh sebab itu jemaat diminta untuk tidak menyembah tugu, tidak pergi menyembah ke Pusuk Buhit tetapi hanya menyembah Allah saja. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya. (Ai halak na mardua roha, na gaor do i di saluhut angka dalanna) (Yak 1:8). Oleh karena itu Bishop GKPI mengingatkan agar jangan mendua hati tetapi berketetapan hatilah hanya menyembah Tuhan saja. 


Dalam hal penahbisan penginjil yang dilayankan di GKPI Jemaat Nainggolan Resort Nainggolan, ini adalah peristiwa bersejarah, jemaat Nainggolan bersama jemaat lainnya se Resort Nainggolan bersukacita dan menyambut dengan baik penahbisan ini. Kehadiran Jemaat ini adalah sebagai doa dan sukacita atas penahbisan ketiga penginjil ini.  Kepada ketiga penginjil yang ditahbiskan haruslah menyadari bahwa mereka tidak akan memiliki kekuatan jika bukan oleh karena kuasa Roh Kudus. Bishop mengingatkan agar mereka tidak mendua hati tetapi tetap dalam satu hati memuji dan memuliakan nama Tuhan saja, jadi persembahkanlah hidupmu hanya kepada Tuhan saja. 

Selesai ibadah penahbisan ketiga penginjil dilanjutkan dengan kata-kata sambutan yaitu dari Pendeta Resort GKPI Resort Nainggolan Pdt. C. Napitupulu, S.Th mewakili Penginjil yang ditahbiskan Ev. Ir. Ir. Jisler Lumbanbatu dan diakhiri dengan Bimbingan dari Bishop GKPI. setelah itu dilaksanakan acara makan bersama.

Dalam ibadah ini Kumpulan koor yang ambil bagian dalam pujian yaitu Koor Ina GKPI Dolok Najagar, Seksi Pria GKPI JK Sidikalang Kota, PP GKPI Nainggolan. Melayani sebagai liturgis adalah Pdt. Humala Lumbantobing, M.Th, Pdt. Charlen Napitupulu, S.Th, Pdt. Thomas Sitorus, M.Th dan doa syafaat Pdt. JPR. Siregar, S.Si. (humgu)
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Husor Sibuea 10 Jul
Asda Siboro 10 Jul
Nurhayati 18 Jul
Muller Purba 1 Agu
Naek Gultom 10 Agu
Sanny Samosir 12 Agu
Berman Manalu 13 Agu
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
26 Jun 2019
“Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia”.(Roma 13:10a)
25 Jun 2019
“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong”. (1 Korintus 13:4).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2019 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.