Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
22 Mei 2019
Lembaga Pelayanan Pengembangan Masyarakat (LPPM) GKPI yang diketuai oleh Gandhi Situmeang, SE, MM dan Sekretaris Eksekutif Pdt. JPR Siregar, S.Si menyelenggarakan seminar yang bertujuan untuk membangun jiwa entrepreneur (Wirausaha) dari warga gereja. 
Pelayanan Gereja adalah pelayanan Holistik (menyeluruh) tidak hanya berkaitan dengan rohani tetapi juga jasmani. Pekabar Injil seperti Nomensen telah memberi contoh perihal pelayanan Holistik tersebut yaitu Gereja bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan dan peribadahan. Demikian juga keberadaan pargodungan adalah tempat jemaat belajar akan bertani.

Seminar ini diawali dengan ibadah yang dilayani oleh Sekjen GKPI Pdt. Ro Sininta Hutabarat, M.Th dengan mendasarkan renungan dari Matius 25:21-23. Dalam khotbahnya Sekjen menekankan akan pelayanan holistik. Gereja ikut serta dalam peningkatan ekonomi jemaat serta peningkatan kemampuan jemaat dalam hal wira usaha. Gereja peduli terhadap kehidupan umat yang tidak hanya dalam hal rohani tetapi juga dalam aspek ekonomi jemaat.  Ketua LPPM Gandhi Situmeang, SE, MM menyampaikan bahwa LPPM hadir untuk menjembatani kehadiran gereja dalam pelayanan holistik.  Korwil  Pdt. P. Purba dalam kata sambutannya menyambut dengan baik seminar ini dalam upaya meningkatkan kewirausahaan dari warga jemaat. 
Sebagai narasumber dari Seminar ini adalah Pdt. Dr. Heryanto, M.Th, D.Th (Dosen tetap Pascasarjana STT Paulus Medan) dengan memaparkan Entrepreneurship dalam konteks pelayanan Gerejani. Pdt. Bumaman Teodeki Tarigan, MM (Direktur Utama BPR Pijer Podi Kekelengen). Mereka memaparkan pandangan Kekristenan tentang Wirausaha yang mana selama ini gereja seolah-olah tabu membicarakan uang di tengah gereja. Ada pandangan bahwa gereja hanya berbicara diranah rohani saja, pada hal Yesus Kristus di dalam melayani pun memperhatikan kebutuhan jasmani dari umat sebagaimana dalam Matius 15:32-39: Yesus memberi makan empat ribu orang. Humingga Tambunan dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja  (BLKI) Medan memaparkan akan program dari pemerintah untuk menciptakan masyarakat memiliki keahlian dan siap kerja. Hal yang menjadi kendala yang dihadapi oleh BLKI adalah tentang mental dari masyarakat yang dilatih. Oleh karena itu beliau menitipkan kepada gereja agar berperan dalam mendidik dan membentuk mental dari warga gereja untuk memiliki keberanian, ketelatenan serta memiliki nilai juang yang tinggi. Dari pelaku usaha wira usaha disampaikan oleh Dr. Ir. Sabam Malau selain sebagai dosen tetap di Fakultas Pertanian HKBP Nomensen Medan beliau adalah pelaku wira usaha yaitu kopi Mettle. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan kiat untuk menjadi pelaku wira usaha antara lain dalam memulai wira usaha harus memiliki mindset yang tepat, memulai bisnis sederhana dan dipilih secara sengaja, memulai dari apa yang ada pada kita dan sebagainya.  Dengan kata lain bahwa produk harus murah, baru, didukung teknologi. Hal yang paling penting adalah harus menyentuh.

Para peserta yang hadir berjumlah 75 orang tersebut, tampak antusias. Ini terlihat dari interaksi melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Kegiatan ini didukung oleh BKS Perempuan Wilayah I dan BKS Pria.  Pada akhir kegiatan Korwil Wilayah I, Ketua BKS Perempuan dan Pdt. JPR Siregar, S.Si menggugah jemaat untuk berani memulai wira usaha. Bagi yang sudah memiliki wira usaha untuk mengembangkan dengan prinsip-prinsip wira usaha yang telah dipaparkan tersebut. (pdt. Hum gultom)
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
26 Jun 2019
“Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia”.(Roma 13:10a)
25 Jun 2019
“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong”. (1 Korintus 13:4).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2019 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.