Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
22 Mei 2019
GKPI mengembangkan dan memajukan pelayanannya melalui peresmian Rumah Lansia Sejahtera GKPI. Rencana pembentukan Rumah Lansia Sejahtera ini sudah berlangsung beberapa tahun yang lalu yang diawali dengan usulan ke Sidang Majelis Sinode.
Sidang Majelis Sinode ke V memutuskan untuk membentuk Rumah Lansia Sejahtera GKPI. Selanjutnya Ka Dep Diakonat Pdt. Raden Samosir menginformasikan bahwa Launching Rumah Lansia telah dilaksanakan pada tgl 11 Januari 2018 dan pada tgl 10 Mei 2018 dilantik Pengurus Rumah Lansia Sejahtera di GKPI Medan Kota. Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Lansia dilaksanakan pada tgl 17 September 2018. Pembangunan Gedung Rumah Lansia Sejahtera ini baru menyelesaikan tiga ruangan yang mana dua diantaranya adalah sumbangan dari Center for Disaster Risk Management and Community Development Studies (CDRM & CDS) Universitas HKBP Nomensen Medan dan Ny Pdt. PMP Sibarani br. Tambunan. 

Persemian Rumah Lansia Sejahtera ini dilaksanakan di dalam Ibadah yang diawali dengan pengguntingan pita oleh Isteri Bishop Ny Pdt. Oloan Pasaribu br. Situmorang yang dilanjutkan dengan pembukaan pintu oleh Bishop GKPI Pdt. Oloan Pasaribu, M.Th setelah tukang memberi kunci.

Ibadah peresmian ini dilayani oleh Bishop GKPI Pdt. Oloan Pasaribu, M.Th sebagai pelayan firman, Pdt. Thomas Sitorus, M.Th sebagai pelayan liturgis dan Pdt. Humala Lumbantobing, M.Th sebagai pelayan doa syafaat. Paduan Suara yang hadir dalam ibadah ini adalah Lansia GKPI Bombongan, Lansia GKPI Jemaat Khusus Perumnas Helvetia Medan. 

Gereja tetangga yang turut hadir dalam peresmian ini yaitu dari HKBP yaitu Kepala Departemen Diakonia Pdt Debora Purada Sinaga MTh dan kepala Diakonia GKPS  Pdt. Aman Saud Purba, yang mewakili CDRM & CDS Universitas HKBP Nomensen Medan Nelson Sinaga.

Bishop GKPI, Pdt. Oloan Pasaribu, M.Th membacakan Kisah para rasul 2:41-47. Dalam renungannya menekankan tentang pelayanan Diakonia Gereja mula-mula. Dari awal gereja telah memberi perhatian kepada diakonia sebagai bagian dari pelayanan gereja itu sendiri.
Usai Ibadah dilanjutkan dengan peresmian Rumah Lansia Sejahtera GKPI dengan membuka selubung nama Panti Rumah Lansia Sejahtera GKPI dan dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti oleh Bishop GKPI. Sebelum penandatanganan prasasti tersebut Bishop GKPI menyuarakan kepada pengurus agar turut membuat sebuah prasasti berisikan nama-nama pengurus pertama dari Rumah lansia Sejahtera tersebut.
Sebelum acara penggalangan dana terlebih dahulu diawali dengan kata-kata sambutan yang diawali oleh Kepala Departemen Diakonia Pdt. Raden Samosir, S.Th yang memaparkan proses berdirinya Rumah Lansia Sejahtera ini. Pdt. Raden Samosir juga menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah memberi hati untuk pembangunan ini seperti kepada Tulus Tobing, Sri Rezeki Mariswati Simanungkalit ,ST yang menggambar bangunan ini, demikian pula yang memberi bantuan dana seperti CDRM & CDR Universitas HKBP Nomensen, Ny Pdt. PMP Sibarani br. Tambunan demikian juga yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Setelah itu dilanjutkan oleh Ketua  Dra. Sonya Lumbantobing (Ny Pdt. MSE Simorangkir). Dalam kata sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh jemaat yang membuka hati memberi sumbangan. Sumbangan dana yang diterima oleh Pengurus membuat pengurus dapat mengelola dana tersebut untuk membangun sarana Rumah Lansia Sejahtera ini yang dalam  tempo 6 bulan boleh berdiri, itu semua berkat doa dan dukungan dari pada semua warga GKPI dan instansi lain. 

Kami berupaya untuk mewujudkan impian GKPI untuk menjadi kenyataan.  Pengurus menyampaikan bahwa tugas mereka tidak hanya sampai saat ini tetapi masih berlanjut untuk membangun semua sarana dan prasarana di Rumah Lansia Sejahtera ini yang direncanakan dapat menampung 60 orang Lansia. Ruangan yang masih harus dilengkapi yaitu ruang psikoterapi, ruang dokter, chapel, ruang makan,ruang tamu, ruang doa, ruang di mana mereka boleh bersantai dan menerima tamu dari keluarga.

Dalam hal penerimaan Lansia, Pengurus menyampaikan agar keluarga yang orang tua lansia tinggal di Lantera untuk selalu berkomunikasi dan berinteraksi.   Untuk itu pengurus akan menyodorkan kesepakatan untuk ditandatangani oleh keluarga yang isinya antara lain keluarga harus berkomunikasi dengan orang tua minimal satu kali satu bulan. Yang diterima di Lantera ini adalah yang berusia 60 tahun ke atas, sehat jasmani dan untuk semua kalangan.  Ada sejumlah biaya yang akan ditanggungjawabi keluarga.Kepada yang kurang mampu akan dilakukan subsidi silang. Pengurus masih akan terus mencari donateur. Rumah lansia ini bukan hanya tempat makan dan tidur tetapi mewadahi aktivitas mereka misalnya berolah raga, beribadah,  akan berupaya untuk membuat suasana yang kondusif dan nyaman bagi para penghuni rumah lansia ini. Dalam upaya menghimpun dana, Ketua menyampaikan akan melakukan bazar makanan, pembagian amplop untuk janji iman, serta ulos, juga penjualan souvenir berupa tas. ketua menyampaikan bahwa pengurus dari Rumah Lansia ini secara umum adalah para lansia.  

Selanjutnya kata sambutan disampaikan oleh Bapak Pnt. M. Sihombing dari GKPI Medan kota. Dalam kata sambutannya menyampaikan harapan agar seluruh jemaat GKPI memberi dukungan dana untuk terlaksananya program dari Rumah Lansia Sejahtera ini.  

Dari Gereja tetangga Rumah ucapan selamat disampaikan oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP dan GKPS. 

Bishop GKPI dalam bimbingan dan arahan menyampaikan akan harapan pada masa yang akan datang akan dukungan dari seluruh warga jemaat GKPI, sebab bangunan yang ada masih 10 %. . Bishop menyampaikan terinmakasih atas dukungan dari CDRM yang telah menyumbangkan satu kamar, demikian juga kepada Ny Pdt. Sibarani br Tambunan yang menyumbangkan satu kamar. Bishop mengatakan bahwa dalam setiap kamar akan dibuat nama-nama penyumbang.  Pemberian nama-nama tersebut dilakukan merujuk kepada Matius 5: 16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.Dengan demikian pencantuman nama-nama itu adalah sebagai khotbah yang hidup. Bishop pun menyampaikan akan dukungan GKPI Medan Kota terhadap prgoram Kantor Sinode pada masa lalu yang sangat baik. Kini tidak hanya GKPI Medan Kota yang besar tetapi juga GKPI Babura, GKPI Padang Bulan dan masih banyak lagi. Kiranya GKPI secara umum khususnya GKPI yang besar-besar untuk memberi perhatian dan dukungan dalam dana terhadap program kantor Sinode khususnya Rumah Lansia Sejahtera ini. 

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan ulos kehormatan. Acara ini dibawakan oleh Pdt. Ebet Nainggolan. Pada saat pengumpulan dana ini sumbangan yang terkumpul adalah kurang lebih Rp. 425 juta rupiah.
Source: Infokom
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
26 Jun 2019
“Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia”.(Roma 13:10a)
25 Jun 2019
“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong”. (1 Korintus 13:4).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2019 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.