Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
03 Okt 2018
Tema: Tuhan menunjukkan kasih setia, keadilan, dan kebenaran di bumi (Yeremia 9:24b)

Sub Tema: Membangun Citra Positif GKPI dalam rangka mewujudkan pembaruan, pendamaian dan pemberdayaan warga GKPI di tengah masyarakat.

Sejak pukul 10 pagi pada tgl 2 Oktober, hujan membasahi Simalungun dan sekitarnya. Namun menjelang pembukaan Sinode Am Kerja XXI GKPI, hujan reda. Prosesi barisan Pimpinan Sinode, undangan dan pendeta akhirnya dipindahkan, yang awalnya direncanakan dari Aula Sikhem PA. Mamre menjadi di depan pintu utama Gedung Monumen Yubileum 50 Tahun GKPI. Hal itu tidak mengurangi hikmatnya ibadah pembukaan Yubileum ini. 

Pimpinan Sinode GKPI beserta undangan disambut oleh penerima tamu dengan pengalungan bunga. Selanjutnya tortor yang ditampilkan oleh anak-anak SMK GKPI menyambut barisan prosesi. Anak-anak SMK memakai berbagai pakaian tradisional. Ini menunjukkan keragaman suku bangsa (latar belakang) warga jemaat GKPI. Hal ini adalah kekuatan GKPI dalam menjangkau semua orang.

Dalam ibadah ini lagu pujian dinaikkan oleh berbagai kelompok paduan suara yaitu BKS Pria GKPI Wilayah III, BKS GKPI Perempuan Wilayah III, BKS Sekolah Minggu GKPI Wilayah III, BKS Pemuda GKPI Wilayah III. Paduan suara Mazmur dari GKPI Bekasi. GKPI Padang Bulan Resort Padang Bulan I, GKPI JK Sidorame, GKPI JK Siantar Kota, Vocal Group GKPI Bah jambi,  dan Vocal Solo Debora Hutabalian.

Dalam ibadah pembukaan ini Kadep Apostolat, Ka Dep Pastorat, Ka Dep Diakonat sebagai liturgis, doa syafaat dinaikkan oleh Ketua BPRP. Yang menyampaikan Khotbah adalah Bishop GKPI yang berlandaskan pada Yeremia 9:24b: Tuhan menununjukkan Kasih Setia, Keadilan, dan Kebenaran di Bumi.  Dalam khotbahnya Bishop menyampaikan bahwa keadilan Tuhan terletak di dalam kasih-Nya yang digenapi di dalam Kristus Yesus yaitu yang membagi diri-Nya.  Yesus Kristus menyatakan bahwa tubuh dan darah-Nya dipersembahkan demi keselamatan manusia. Gereja adalah tubuh Kristus. GKPI adalah tubuh Kristus. Dengan demikian GKPI harus membagi diri, dan tidak hanya untuk dirinya sendiri. Membagi diri tersebut sejatinya digalakkan dalam GKPI sebagaimana motto GKPI yaitu: “membayar hutang Pekabaran Injil”. 

Di dalam ibadah tersebut, Bishop GKPI pun menahbiskan Pembukaan Sinode Am Kerja XXI GKPI 2018.  Usai ibadah dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari tamu, undangan yang hadir. Ada pun undangan yang hadir dalam pembukaan SAK XXI ini yaitu dari perwakilan Gubernur Sumut: Ferlin Nainggolan, S.H, perwakilan walikota Pematangsiantar : Togar Sitorus, SE, M.M, perwakilan Kapolres Simalungun : Kompol H.Situmorang, mewakli Bupati Simalungun : Debora Hutasoit. Unsur Gereja yakni: mewakili Dirjen Bimas Kristen (Protestan) Andar Gultom, MPd, Sekretaris PGI : Pdt.Gomar Gultom, M.Th., Ketua PGIW Sumut : Bishop Pdt. Darwis Manurung, Ephorus GKPA ; Togar Simatupang, MTh, moderator UEM–Asia : Pdt. WTP Simarmata, MA., dan Sekjen GBKP : Pdt.Repelita Ginting.

Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
23 Mar 2021
Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya. (Zakaria 14:9)
22 Mar 2021
“Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, aku akan melakukannya.” (Yohanes 14:14)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2021 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.