Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
13 Agt 2018
Itulah judul wisata Rohani para keluarga Pendeta pensiun yang berdomisili di Pematangsiantar dan sekitarnya ke sopo Agape GKPI Tomok Samosir.
Sebelum kita melihat bagaimana perjalanan wisata Rohani ini perlu di ketahui bagaimana terbentuknya persekutuan Kel. Pendeta pensiun P. Siantar dan sekitarnya.

Biar pun kami sudah pensiun, kami tetap berkeyakinan bahwa kami adalah hamba Tuhan dihadapan Tuhan, sampai akhir hidup kami nanti. Kami sadar secara organisasi kami tidak aktif lagi dalam beberapa hal, tetapi secara panggilan dan penguasaan (Tahbisan) kami yakin, kami adalah hamba Tuhan yang dapat dan terus melayani biarpun dalam hal-hal tertentu.

Secara organisasi ada pertemuan (konven)  pendeta aktif (tanpa Pendeta pensiun) rutin tiap bulan diwilayah P. Siantar/Simalungun dan sekitarnya, inilah yang mendorong kami para Keluarga Pendeta Pensiun di P. Siantar dan sekitarnya untuk mengadakan persekutuan khusus bagi para Keluarga Pendeta yang sudah pensiun.

Tepat pada tanggal 14 januari 2014 di rumah Kel. Ny Pdt DR.SM. Hutagalung boru Hutabarat dimulai pertemuan pertama. Pertemuan yang dilaksanakan pertama ini di ikuti oleh 14 orang yang sekaligus menjadi anggota persekutuan.
1. Ny. Pdt. DR.SM. Hutagalung. Br. Hutabarat.
2. Kel. Pdt.GOP. Manurung. Br. Sitorus.
3. Kel. Pdt. SP. Hutagalung. Br. Pasaribu.
4. Kel. Pdt. E.T. Sibagariang Br. Simorangkir.
5. Ny. Pdt. R.F. Simamora Br. Sibuea.
6. Kel. Pdt. Y.P. Butar-butar. Br. Marpaung.
7. Ny. Pdt. P.M.P. Sibarani. Br.Tambunan.
8. Ny. Pdt. Silitonga. Br. Pasaribu.
9. Ny. Pdt. Sihombing. Br. Pasaribu.
10. NY. Pdt. Sinaga. Br. Manurung.
11. Ny.Pdt. D. Simanungkalit. Br. Sinaga.
Pada saat sekarang ini jumlah anggota tersebut berkurang antara lain karena telah dipanggil Tuhan (Pdt. GOP. Manurung, Ny. Pdt. E.T. Sibagariang. Br. Simorangkir, Pdt. J.P. Butar-butar), dan yang tidak aktif lagi mengikuti persekutuan karena tua, sakit, (Ny. Pdt. Sihombing. Br. Pasaribu, Ny. Pdt. Sinaga. Br. Manurung, Ny.Pdt. O. Simanungkalit. Br. Sinaga.)

Pertemuan persekutuan para Kel. Pendeta pensiun ini diadakan sekali-dua bulan dengan tempat  yang memberi secara bergiliran tanpa pungutan apa-apa (maklum sudah pensiun). Pertemuan ini berjalan dengan baik dan lancar dengan ibadah singkat dan sistem PA (diskusi), doa syafaat (mendoakan Kel, Rekan-rekan yang sudah pensiun, dan secara umum perjalanan GKPI, dari pusat hingga daerah-daerah di seluruh Indonesia dan kegiatannya.

Agar jalannya persekutuan ini semakin lancar dan baik, tepat pada pertemuan tanggal 14 juli 2014 di rumah Kel. Pdt. SP. Hutagalung/Br. Pasaribu disepakati agar dibentuk pengurus persekutuan seperti:
1. Ketua : Ny. Pdt. DR.SM. Hutagalung . Br. Hutabarat
2. Bendahara : Ny. Pdt. GOP. Manurung . Br. Sitorus
3. Sekretaris : Ib. Pdt. S.P. Hutagalung. Br. Pasaribu

Banyak hal yang kami syukuri dalam perjalanan persekutuan ini, karena ada beberapa anak-anak hamba Tuhan (anak Pendeta) yang memberi perhatian untuk persekutuan ini, ada yang memberi bantuan berupa uang seperti anak hamba Tuhan dari Bogor, Jakarta, dan Medan. Kami sangat bersyukur atas perhatian anak-anak hamba Tuhan tersebut, kiranya Tuhan semakin memberkati mereka atau segala hal.

Melalui bantuan ini, persekutuan ini memiliki uang kas hingga pada saat ini. Untuk menghilangkan rasa rutinitas di rumah masing-masing dan agar mendapat angin segar dan angin baru, kami mau keluar dari rutinitas tersebut, serta menyepakati mengadakan wisata Rohani di Tomok - Agape dengan Tema: Berjalan Bersama Tuhan (BBT) wisata Rohani ini mulai tanggal 4 s/d6 juli 18. Kami berangkat dari rumah Kel. Pdt. DR. SM. Hutagalung Br. Hutabarat Pada jam 15:30 Wib menuju Tomok . Biarpun semuanya sudah beranjak usia , tetap semangat dan semangat Rohani nya sangat tinggi.

Sesuai dengan tema wisata Rohani ini, pada tanggal 5 pagi dimulai jam 9:00 Wib s/d selesai mengadakan PA, yang didasari  dengan Nats Firman Tuhan, Mazmur 37;23-31c setelah didiskusikan dengan waktu yang cukup lama (karena semua peserta aktif dengan semangat Rohani yang tinggi) memberi pandangan, pendapat tentang Nats ini didasari dengan pengalaman pribadi (benar-benar nyata dalam pengalaman tersebut). Bagaimana Tuhan telah memimpin perjalanan hidup dalam pelayanan sebagai hamba Tuhan hingga saat ini (dari mulai aktif hingga memasuki masa pensiun) dan bahkan Tuhan telah membekati perjalanan hidup kita sejak dari dalam kandungan hingga sampai kapanpun Tuhan akan memanggil kita.

Melalui diskusi ini ada beberapa poin kesimpulan sebagai berikut:
1. Sebagai hamba Tuahn, dalam perjalanan pelayanan kita, sungguh Tuhan benar-benar ada bersama –sama dengan kita, biarpun mengalami banyak pergumulan juga.
2. Tuhan ada bersama-sama dengan kita dan kita bersama-sama dengan Tuhan. Kita dituntun dan disertai, serta mengarahkan dan memelihara hidup kita hingga dimasa tua kita.
3. Karena hidup kita berkenan kepada Tuhan, Tuhanlah yang menetapkan langkah hidup kita dan tanpa kita sadari kita telah berjalan kearah yang tepat, karena kita berjalan bersama Tuhan (BBT).

Penelaan Alkitab ini berjalan dengan sangat baik, karena melalui diskusi ini, iman dan perngharapan kita semakin bertumbuh dan semakin hidup.

Setelah selesai PA-diberi waktu untuk ngobrol dan berenang – hingga makan malam. Setelah makan malam sekitar jam 20:00 Wib kami mengadakan api unggun dengan acara: Doa berantai (saling mendoakan satu dengan yang lain) dengan poin/topik  doa yang khusus yang sangat dirindukan dan sangat dipergumulkan dan didoakan yang disebelah kanan kita masing-masing.

Setelah doa  berantai, ada topik doa yang sangat khusus dan sangat pribadi dan dituliskan dalam selembar kertas dan hal ini sangat dirindukan untuk dikabulkan Tuhan, setelah berdoa-memasukkan kertas tersebut ke dalam api, yang kita yakini api tersebut adalah simbol dan tanda kehadiran Tuhan. Acara api unggun ini berjalan dengan keseriusan dan penuh hikmat.


Setelah sarapan pagi tanggal 6 juni 18, diadakan ibadah pagi yang di pimpin oleh Pendeta E.T. Sibagariang dengan mengambil nas Ulangan 11:11-12.

Firman ini disampaikan kepada orang Israel pada waktu mau keluar dari Mesir. Firman Tuhan ini yang menjadi dasar hidup bagi orang Israel oleh karena itu mereka harus mendengar Firman Tuhan, karena Firman Tuhan ini sangat dibutuhkan oleh umat Israel di perjalanannya menuju Tanah Kanaan.

Kata mendengar dalam bahasa Batak menurut Pdt.E.T. Sibagariang ada tiga macam:
1. Mambege artinya, didengar tetapi itu hanya sambil lalu.
2. Maminggol artinya, kita bisa mendengar dari jarak jauh dengan pengertian hanya ingin tau.
3. Manangihon artinya,  mendengar dengan sungguh-sungguh dan menghidupinya, inilah yang sangat disukai dan yang berkenan kepada Tuhan, Tuhan ingin agar kita mendengar (manangihon) Firman serta setia melakukannya, maka Tuhan tidak akan mengurangi  berkatnya untuk kita.

Setelah ibadah pagi, kami bersiap-siap untuk pergi ke Pantai Pasir Putih Parbaba Samosir, perjalanan ini sangat dinikmati dengan penuh tawa dan tari-menari hampir lupa diri bahwa kami semua sudah tua (lanjut usia). Setelah selesai acara jalan-jalan ini, kami siap-siap untuk kembali ke Pematangsiantar.

Demikian perjalanan wisata Rohani ini berjalan lancar dan sangat berarti penuh Hikmat bagi semua para peserta Keluarga Pendeta Pensiun Pematangsiantar.

Acara ini dapat berjalan dengan penuh berkat karena dukungan dari:
1. Tuhan yang memberi cuaca, tempat, keadaan yang sangat baik.
2. Florida Sitorus yang dengan serius mengatur menu makanan bagi rombongan, para peserta kadang-kadang merasa seperti, kami berada di Jerman melalui makanan yang disajikan.
3. Bantuan dari Keluarga anak-anak hamba Tuhan dari jakarta, untuk transportasi lengkap dengan supir yang dibutuhkan dalam perjalanan ke Pantai Pasir Putih.
4. Bantuan dari Keluarga Anak hamba Tuhan yang dari Jakarta dan Medan yang membuat kami gratis naik verry pulang pergi, dengan sambutan para peserta verry membuat kami seperti anggota militer, yang sangat hormat kepada rombongan.
5. Bantuan dari anak hamba Tuhan dari Medan berupa makan malam bersama disalah satu Restoran di Pematangsiantar, setelah itu peserta wisata kembali kerumah masing-masing dengan Selamat atas berkat dan pertolongan Tuhan sesuai dengan tema Wisata Rohani ini.

Semua peserta wisata rohani ini sangat berterimakasih kepada Tuhan atas dukungan dari anak-anak hamba Tuhan, serta fasilitas sopo Agape kami berdoa agar Tuhan selalu memberkati dan memelihara Keluarga anak-anak hamba Tuhan yang telah mendukung jalannya wisata Rohani ini. Biarlah semuanya ini menjadi kemuliaan bagi Tuhan yang selalu bersama-sama dengan kita semua. Amin.

Yang masih aktif mengikuti persekutuan Kel.Pendeta pensiun hingga saat ini ialah.
1. Ny.Pdt.DR.SM.Hutagalung-Juliana Tumiar br Hutabarat-usia 83 tahun (Op.Laura boru)
2. Ny.Pdt.GOP.Manurung-Florida Suhartina br Sitorus-69 tahun (Op.Sara boru)
3. Kel.Pdt.Saut Pardamean Hutagalung-Marince br Pasaribu-usia 69 tahun dan 62 tahun (Op. Josua)
4. Ny.Pdt.R.F.Simamora, Aspita br Sibuea-usia 76 tahun (Op.Stiven boru)
5. Ny.Pdt.J.P.Butar-butar, Sorta br Marpaungu-usia 71 tahun (Op.Saut boru)
6. Ny.Pdt.PMP.Sibarani-Tiurida br.Tambunan-usia 79 tahun (Op.Fenny boru)
7. Pdt.Eduard.T.Sibagariang-usia 73 tahun (Op.Sondang doli)

Biarlah Tuhan selalu memberkati serta menyertai kita semua. Haleluya.



Oleh:
Pdt. SP. Hutagalung

Source: SGKPI edisi Agustus
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.