Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
03 Apr 2018
Tema: Allah mengasihi Segala Bangsa.

Sub Tema: Dengan Yubileum 50 Tahun dan Peletakan Batu Alas GKPI Pagar Jati terpanggil untuk membangun Citra Positif Gereja, yaitu menjadi Gereja yang misioner di tengah-tengah Gereja dan Masyarakat.
GKPI Jemaat Pagar Jati Resort Serdang I berdiri megah. Tiga menara yang kokoh penuh dengan relif yang indah. Di depan tampak patung Yesus gembala yang baik berdiri kokoh (di atas teras).

Warga jemaat dari GKPI Pagar Jati yang berjumlah 94 KK bahu membahu membangun gedung gereja yang megah dibawah kepemimpinan Ketua Umum Bpk Binton Manalu/br. Pasaribu. 

Gereja GKPI Pagar Jati berdiri pada tgl 21 Februari 1968 dengan 16 KK yang kini berjumlah 94 KK.  GKPI Pagar Jati dalam sejarah singkatnya memperlihatkan dinamikan berjemaat serta kesatuhatian untuk melayani di dalam Tuhan. Pelayanan di tengah gereja bukanlah hal mudah walau program telah dikemas dengan baik namun ada banyak tantangan yang dihadapi untuk menjalankan program tersebut. Atas pertolongan Tuhan GKPI Pagar Jati dipakai Tuhan untuk tetap melayani umatNya. Kini GKPI Pagar Jati telah merayakan arakan-arakan bersama Tuhan dalam usia ke 50 Tahun. Usia ini bukan pertanda bahwa gereja telah berpuas diri melayani dan dapat bertahan, tetapi usia ini yang dirayakan dengan Yubileum 50 tahun adalah suatu tantangan yang lebih berat lagi ke masa depan.

Perayaan Yubileum 50 Tahun ini diawali dengan prosesi dari rumah Binton Manalu, SH. Br. Pasaribu. Sejak pagi hujan telah mengguyur Pagar Jati hingga prosesi. Saat yang lain mempertanyakan apakah akan dilakukan prosesi? Pdt. M. H Sitorus, S.Pak, Bapak Binton Manalu mengatakan hujan akan reda dan walau pun hujan masih rintik-rintik prosesi akan tetap di jalankan. Hujan tetap rintik-rintik dan prosesi tetap dilaksanakan yang juga turut diikuti oleh Mahasiswa/i STT Abdi Sabda utusan GKPI. Mungkin ada yang mempertanyakan mengapa harus prosesi membelah hujan rintikrintik dan jarak yang lebih dari 500 meter ke gereja?  Ini tentu sebagai perenungan dalam hidup gerejanya. Hujan tidak akan dapat menghentikan sukacita jemaatNya. Hujan tidak akan mengurangi rasa syukur atas penyertaan Tuhan. Akhirnya barisan prosesi yang dibarisan depan tiga orang Mahasiswa membawa peti untuk peletakan batu alas (Mameakhon Batu Ojahan)  GKPI Jemaat Pagar Jati  peti itu nantinya akan diletakkan atau di tanam dibawah altar. Isi dari peti tersebut adalah Alkitab, Agenda, Buku Ende, Daftar warga jemaat, sebut Bapak Bishop saat akan melakukan peletakan batu Alas.  Peti itu adalah hanya simbol yang mengatakan bahwa Gereja didirikan di atas Firman Tuhan, didirikan di atas batu karang yang teguh yaitu Yesus Kristus

Sesampai di depan gereja Pemuda/I GKPI Pagar Jati menyambut barisan prosesi dengan tarian tortor. Hal ini mengingatkan bagaimana Daud menari dan bahkan melompat-lompat saat Tabut Allah dibawa kembali ke Yerusalem. Kesempatan ini juga sebagai pelibatan kepada para pemuda gereja untuk turut ambil bagian dalam Ibadah Yubileum, peletakan batu pertama dan pesta penggalangan dana ini. Ini pun mengingatkan kita bagaimana Daud mempersiapkan dan melibatkan seluruh elemen umat Israel untuk membawa kembali Tabut Allah agar tidak kembali lagi Allah murka seperti yang dialami oleh Uza. Para tua-tua berdiri tepat di pintu gereja. Mereka kembali menyambut barisan prosesi danmengalungkan bunga kepada Bishop dan menyerahkan bunga pangku kepada Bishop. Pelibatan tua-tua ini sebagai wujud kerendahan hati dan kesediaan melayani Tuhan hingga uzur. 

Jemaat pun memasuki ruang ibadah. Ibadah dilayani oleh para pendeta yang hadir bertidak sebagai liturgis yaitu Pdt. Humala Lumbantobing, Pdt. Jojor Lumbantobing, Pdt. Lucia J. Lumbantobing, Pdt. MH. Sitorus, Pdt. Maria Simatupang. Dalam ibadah ini Paduan suara yang melantunkan lagu pujian yaitu: IMT GKPI STT Abdi Sabda Medan, GKPI Horisan Medan,  GKPI Dolok Sanggul, BKS Perempuan Wilayah II, Tunanetra Tanjung Morawa, Jemaat GKPI Pagar Jati, Exaudi, Koor Gabungan GKPI Serdang I, Jemaat Khusus GKPI Teladan, GKPI Parsaoran Nauli, GKPI JK Jl. Siantar.

Dalam Ibadah usai Warta Jemaat, Bishop GKPI menandatangani Prasasti Yubileum 50 Tahun dan peletakan Batu Alas. Penandatanganan ini sebagai bentuk pengingat bagi umat bahwa Tuhan telah menyertai umatNya dan akan selalu bersama dengan umat untuk melaksanakan tugas panggilan gereja di dunia ini. 

Bishop GKPI dalam khotbahnya menyampaikan perayaan Yubileum 50 Tahun GKPI adalah sebagai wujud dari ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan, bahwa hanya oleh karena kasih Tuhanlah menyertai gerejaNya. Dalam perjalanan gerejaNya GKPI pernah mengecewakan Tuhan dalam hal ini GKPI pernah memiliki 2 Bishop dan Kantor, namun atas kasih Tuhan, Tuhan memulihkan gerejaNya. Dalam khotbahnya Bishop kembali mengingatkan akan perlunya kembali mendengungkan akan Sabas na Mar GKPI. pada saat ini, kata Bishop, dinyatakan dengan kehadiran dari GKPI Doloksanggul. Tema dari minggu ini adalah Allah mengasihi segala Bangsa yang mengajak kita memahami akan Kasih dan kemuliaan Tuhan. Tuhan adalah Allah yang universal. Orang baik jangan cemburu jika Allah mengasihi orang jahat. 

Usai khotbah dilanjutkan dengan peletakan Batu Alas. Bishop GKPI bersama pendeta yang hadir berdiri di altar. Bishop membacakan tata ibadah peletakan Batu Alas dan Pdt. MH Sitorus membacakan Mazmur 84. Selanjutnya peti tersebut dimasukkan ke tempat yang disediakan.

Setelah Ibadah minggu dilaksanakan pesta penggalangan dana. Ketua Panitia Binton Manalu, SH menyampaikan penggalangan dana ini adalah dalam upaya perluasan pekarangan gereja. Gereja saat ini membutuhkan lahan yang lebih luas. Dana yang dibutuhkan untuk pembelian lahan di samping gereja Rp. 1 milyar. Dengan demikian diharapkan partisipasi dari seluruh jemaat beserta undangan.

Dalam pesta Yubileum dan penggalangan dana ini dilaksanakan acara tiup lilin Yubileum 50 Tahun GKPI. Di samping lilin untuk Yubileum 50 Tahun, GKPI Pagar Jati juga menyiapkan lilin HUT Bishop Pdt. Oloan Pasaribu ke 59 Tahun yang jatuh pada tgl 21 Februari. Kue Yubileum tersebut dibagikan kepada warga jemaat pertama, PHJ yang pernah melayani dan pendeta resort yang melayani. Kue Yubileum ini juga diserahkan kepada mewakili Sekolah Minggu dan PP GKPI.  (hum)
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Jojor Siregar 25 Jun
Husor Sibuea 10 Jul
Asda Siboro 10 Jul
Nurhayati 18 Jul
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.