Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
13 Feb 2018
Langkah mengawali pelayanan sebagai pendeta menjalani berbagai tahap mulai dari masa vikariat hingga menerima penahbisan pendeta dijalani selama tiga tahun. Perjalanan tersebut pasti tidak mudah. Ada banyak tantangan dan pergumulan yang dihadapi. Setiap tahun para vikar pun menjalani masa Pembinaan Vikar. Sebelum penahbisan pendeta tgl 11 Februari 2018 ini
 para pendeta yang menerima penahbisan tersebut terlebih dahulu mengikuti masa Pembinaan pada tgl 5 sd 8 Februari 2018. Tujuan dari pembinaan tersebut adalah agar kiranya para pendeta yang baru ditahbiskan memperoleh gambaran nyata tentang tantangan dan pergumulan yang dihadapi di dalam melayani sebagai pendeta serta mengingat ulang akan panggilan menjadi pendeta yang mungkin selama masa vikar ada yang tergerus oleh karena tantangan dan pergumulan yang dihadapi. Memang selama vikar mereka telah melihat hal tersebut. Namun mereka belum memiliki tanggungjawab yang besar. Kini setelah mereka menjadi pendeta dan nantinya akan ditempatkan menjadi pendeta Resort. 

Tema minggu pada penahbisan ini sungguh indah sekaligus menantang. DIBERKATI UNTUK MENJADI BERKAT. Manusia berdosa beroleh berkat menjadi pendeta yang melayani Tuhan dan menjadi pelayan Tuhan serta memberlakukan apa yang dilakukan oleh Tuhan.  Manusia berdosa yang menerima anugerah menjadi Imitatio Dei yang melayani bukan dilayani. 

Siapakah yang harus kita layani? Tuhan tidak memilih milih siapa yang dilayani. Tuhan baik kepada semua orang. Saat ini, kitalah yang membatasi siapa yang kita layani. Ini disebabkan adanya prasangka dalam benak kita terhadap orang yang kita layani. Pintu rumah kita pun terkadang sudah hanya terbatas kepada segolongan orang. Belum lagi orang lain berupaya “mengatur” kita untuk menentukan siapa tamu yang harus kita terima. Tuhan Yesus tidak dapat didikte oleh siapa pun tentang siapa, kepada siapa Dia bersahabat. Yesus bersahabat dengan pemungut cukai. Dia bersedia masuk rumah Zakheus. Yesus marah kepada murid yang melarang anak-anak menghampiri diriNya. Yesus menghampiri orang buta yang berteriak-teriak meminta kesembuhan.

Pendeta adalah imitatio Dei yang membuka diri untuk menerima siapa pun, dan harus menjadi pembawa berkat bagi orang-orang yang di sekitar kita.  Pendeta bukanlah orang suci, Pendeta adalah orang kudus.  Kekudusan pendeta bukan dari dirinya tetapi oleh karena Tuhan telah memilih dan menguduskanNya. Bukan kita lagi yang hidup tetapi Tuhanlah yang menghidupi diri kita.  Iman Abraham dan memberlakukan imannya menjadikan Abraham adalah kesukaan Tuhan.  Abraham bersedia mengorbankan dirinya saat ia mencoba “merayu” Tuhan agar membebaskan Sodom dan Gomora dari penghukuman.  Abraham tidak terkontaminasi oleh keberadaan dari warga Sodom dan Gomora. Namun sejumlah  orang yang takut akan Tuhan ada di sana agar Tuhan tidak membinasakannya, ternyata tidak ada sebanyak itu. Abraham merelakan dirinya sebagai orang yang memihak kepada orang berdosa untuk beroleh anugerah yang berbeda dengan Yunus yang mencoba lari dari perintah Tuhan untuk menyampaikan firmanNya kepada  kota Niniwe.
Pendeta baru ditahbiskan yaitu
1. Pdt. Josua Pribadi Hasibuan, S.Th
2. Pdt. Sudir Anton Silaban, S.Th 
3. Pdt. Erik Sunando Sirait, S.Si 
4. Pdt. Adi Haryono Sianturi, S.Th
5. Pdt. Marliman Turnip, S.Th
6. Pdt. Andy Hendari Sidauruk, S.Th 
7. Pdt. Grace Patricia Samosir, S.Th
8. Pdt. Ruth Gracya Hutabarat, S.Th 

Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Jojor Siregar 25 Jun
Husor Sibuea 10 Jul
Asda Siboro 10 Jul
Nurhayati 18 Jul
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.