Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
15 Nov 2017
Pengantar.
Dalam mendukung tahun formasi spiritualitas 2017 yang menitik beratkan adanya semangat baru dalam pelayanan digereja dan merayakan 500 tahun Reformasi reformator Marthin Luther yang sangat mencintai bunga mawar. Baginya bunga mawar putih sebagai symbol semangat, suka cita, damai sejahtera dan penghiburan. Jika kita perhatikan ada tiga symbol yang sering digunakan oleh Luther yaitu Alkitab yang terbuka dan ditengah-tengahnya ada bunga mawar merah/putih dan salib.
 Marthin Luther mempersiapkan dirinya serta ruang ibadah untuk beribadah menghamapiri hadirat Allah dengan selalu mempersiapkannya dan menatanya. 

Hal ini juga merupakan bagian dari respon jemaat terhadap kepedulian kelestarian lingkungan. Kepedulian jemaat merupakan tindakan nyata yang sejatinya kita awali dari lingkungan dimana kita berada. Menjaga dan merawat serta menata ruangan ibadah salah satu bukti bahwa kita turut berperan secara aktif. Kepeduli teerhadap lingkungan melalui menata bunga mimbar dan meminimalisasi penggunaan bunga plastic (bunga tanpa akar ) dan asesoris atau pernak-pernik berbahan plastic di lingkungan gereja. Serta merawat lingkungan gereja (green church) dan lingkungan rumah (green haouse) yang terbatas/sempit. 

Puji Tuhan, Seminar & Workshop Ekoteogi pada hari Sabtu 11 Nov kemarin telah terlaksana dgn baik. Lembaga Pelayanan Pengembangan Masyarakat menggagasi kegiatan di Wialayah II dengan bekerjasama dengan BKS Perempuan Wilayah II. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah 1). BKS atau kaum perempuan GKPI  mengikuti workshoop mengenai spiritualitas Ekoteologi. 2). BKS atau kaum perempuan GKPI diperkenalkan dan diajarkan untuk merangkai bunga mimbar gereja dengan menggunakan bunga asli (bunga hidup). 3). BKS atau kaum perempuan dimotivasi dan membuat komitmen agar peduli terhadap lingkungan dengan membuat  taman gereja (green church) dengan memanfaatkan lahan sempit. 

Ekoteologi dapat dipahami sebagai upaya perdamaian manusia dengan alam. Manusia perlu berdamai dgn alam. Ciptaan Tuhan yg begitu indah, menjadi rusak karena ulah manusia yg tdk bertanggung jawab. Ekoteologi dlm konteks ini, mencoba mengajak manusia dalam setiap aktivitasnya di bidang apapun utk dpt menyadari bahwa dirinya sbg bagian semesta. Oleh krn itu kita perlu memobilisasi dan mengerahkan segenap.sumber daya yang ada untuk mencegah dan menghentikan semua hal yang berpotensi merusak bumi. Setelah punya kesadaran seperti ini, kita harus mentransformasikan kesadaran tsb ke dalam tindakan. Segala gaya dan praktek hidup yang tidak ramah lingkungan harus diakhiri. Segala bentuk eksploitasi dan destruksi pada bumi yang bersumber dari ketamakan dan keserakahan harus diakhiri. Karena itu diperlukan pembaruan dan pengendalian diri supaya timbul sikap respek dan tindakan penuh tanggung jawab dalam memelihara kelestarian lingkungan yg diimplementasikan secara bertanggung jawab dalam hidup yg nyata.

Bapak Pdt. Dr. Viktor Tinambunan sebagai pembicara dalam kata pengantarnya mengatakan bahwa beliau selama menjadi pendeta dan pembicara yang berhubungan dengan ekoteologi untuk kali pertama sebagai pembicara dimana persekutuan perempuan gereja melaksanakan semiloka Eko-Teologi sebagai bentuk kepedulian merawat alam ciptaan Tuhan. Di tengah krisis ekologi mahadahsyat ini. 

Kemudian dilanjutkan dengan workshop/pelatihan merangkai bunga hidup untuk altar gereja. Workshop dipandu oleh Ny Vera Tampubolon br Panggabean. Beliau adalah pengusaha Bunga dan dekorasi Viesta Florist. Setelah itu ada kerja kelompok utk merangkai 1 buket bunga. Juga ada diskusi kelompok per resort utk berdiskusi dan melihat peluang peluang menerapkan ekoteologi di lingkungan gereja masing masing peserta. Apakah menciptakan lingkungan green church, pemanfaatan lahan utk apotik hidup, penataan taman di gereja,. 

BKS PEREMPUAN WIL 2 GKPI MENJADI PELOPOR SOLUSI GREEN. DIMULAI DENGAN MELAKSANAKAN 5R YAITU:
REPENT : Bertobat
REDUCE : Mengurangi
REUSE : Menggunakan kembali
RECYCLE : Daur Ulang
REPLANT : Menanam kembalidll. 

Kegiatan Seminar dan Workshop ini diketuai oleh Ibu Pnt. Drs. Tetty Aritonang dan perempuan Wilayah II dan bekerjasama dengan BKS Perempuan Wilayah II. Panitia bekerja dengan sangat kompak dan solit untuk mempersiapkan seminar dan workshop yang dihadiri 150 orang. 

Kegiatan ini merupakan program LPPM dalam mengujudkan Pelayanan Holistik dimana kehadiran GKPI dapat menjadi solusi menghadapi persoalan Ekologi. Di akhir acara dilantik Pengurus LPPM Wil 2 GKPI periode 2017 - 2020 oleh Korwil 2 GKPI.
   
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Nov 2017
“Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.” (1 Samuel 2:2) 
26 Nov 2017
“Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.” (Mazmur 95:6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.