Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
15 Nov 2017
Majelis Sinode adalah Badan Pekerja Sinode Am GKPI. Sebagaimana dalam Peraturan Rumah Tangga GKPI Pasal 51, tugas-tugas dari Majelis Sinode disebutkan. Majelis Sinode bersidang dua kali dalam satu tahun. Anggota Majelis sebanyak 31 orang.  Namun ada beberapa di antara mereka yang mengundurkan diri oleh karena kesibukan, sehingga dilaksanakan Pergantian Antar Waktu. Pada Sidang SMS ke V ini Pnt. A. Hutabarat dilantik sebagai pergantian antar Waktu dan masuk ke Komisi III.  
Dalam persidangan ini, Pimpinan Sinode GKPI menyampaikan laporan. Dalam laporan tersebut dipaparkan akan hal-hal yang telah dilaksanakan sebagaimana yang diputuskan dalam SMS sebelumnya. Hal yang disampaikan Pimpinan Sinode GKPI yang dilaksanakan oleh Departemen Apostolat antara lain pelaksanaan Sosialisasi Tata Ibadah dan Pokok-Pokok Iman GKPI di hampir semua wilayah,  pembinaan homelitik  yaitu dalam upaya peningkatan kualitas khotbah, peringatan 500 tahun Reformasi Martin Luther. Pimpinan Sinode GKPI juga menyampaikana rencana peluncuran Buku Nyanyian Jemaat GKPI yang sedang disempurnakan untuk pencetakan edisi pertama pada Januari 2018 yang akan datang.  Demikian juga akan kunjungan Mitra Bonn Beuel  Jerman. Dalam bidang Departemen Pastorat telah melaksanakan berbagai kegiatan sebagaimana pada tahun 2017 adalah Formasi Spiritual.  Berbagai kegiatan telah dilaksanakan yaitu pembinaan Spiritualitas pelayan, pembinaan spiritualitas Warga Jemaat, pembinaan Spiritualitas Keluarga Pendeta, Kebangunan Rohani Perempuan GKP, pembinaan spiritualitas Pemuda serta pelaksanaan dialog antar umat beragama. Departemen Diakonat melaksanakan berbagai kegiatan dalam bidang karitatif yaitu bantuan pengobatan, bantuan bencana (banjir bandang, korban kebakaran, dan bantuan dana studi), melaksanakan seminar penanggulangan bencana. Mengangkat seorang pendeta yang melayani anak jalanan di sekitar Jakarta untuk pelayanan masyarakat marginal, GKPI akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Disabilitas Internasional yang direncanakan pada tgl 2-3 Desember 2017 di Pematangsiantar, serta rencana pendirian Rumah Lansia Sejahtera (Panti Jompo).  Dalam Bidang Biro Umum telah melaksanakana sosialisasi tentang Lima Dokumen Alat Pelayanan GKPI, semua pendeta telah menjadi peserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, demikian pula pembuatan jaringan online untuk Database dokumen dan administrasi Kantor Sinode GKPI, pembangunan tembok penahan Bantaran Sungai Belakang Kantor Sinode yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah.  Sedangkan berbagai peraturan yang menunjang kepelayanan dalam GKPI masih dalam tahap pembahasan, dan melampirkan draf yang dibawa ke Majelis Sinode. Pimpinan Sinode GKPI pun menyampaikan rencana program Tahun 2018. Tahun 2018 Dalam tahap I Tahap Konsolidasi  adalah Membentuk citra positif Gereja.   

Pimpinan Sinode GKPI menyampaikan tema tahun 2018 adalah Membentuk Citra Positif GKPI, Sub Tema: Melayani dengan kasih seperti Tuhan Yesus, Gembala yang baik.  Dengan pelaksanaan Membentuk Citra Positif GKPI diharapkan pelayan dan warga jemaat pada khususnya dan masyarakat pada umumnya memberikan kesan positif bagi GKPI dan warga jemaat semakin bertambah dan pengunjung ibadah semakin meningkat.  Dalam mensukseskan “Membentuk Citra positif GKPI” maka akan dilaksanakan penyelenggaraan kegiatan di Tingkat Sinode, koordinasi Wilayah, dan tingkat resort. 

Sidang Majelis Sinode berlangsung selama tiga hari, yaitu tanggal 1 sd 3 November 2017. Dalam Sidang Majelis Sinode ini dilantik Pnt. A Hutabarat sebagai PAW menggantikan anggota Majelis yang telah berakhir keanggotaannya. Dalam kesempatan ini juga dilakukan pemilihan Pimpinan Persidangan Majelis Sinode GKPI pada masa persidangan satu tahun, yaitu Saut Hutagalung (ketua), Pnt. Tiopan Purba (Wakil ketua) dan Sekretaris Saut Siahaan.  

Usai penyampaian laporan Pimpinan Sinode GKPI maka dilaksanakan tanggapan yang dilanjutkan dengan Sidang Komisi, yaitu Komisi I yang membidangi Departemen Apostolat, Pastorat dan Diakonat, Komisi II membidangi Biro Umum dan Komisi III membidangi Biro Administrasi dan Keuangan.  

Sidang Majelis Sinode ini dibuka dan diakhiri dengan ibadah. Ibadah pembukaan dilayani oleh Ka Dep Diakonat Pdt. Raden Samosir, S.Th dan ibadah Penutup oleh Ka Dep Apostolat Pdt. Humala Lumbantobing, M.Th  (humgu)
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Nov 2017
“Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.” (1 Samuel 2:2) 
26 Nov 2017
“Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.” (Mazmur 95:6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.