Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
05 Agt 2017
Tema: Berakar, Dibangun, Teguh beriman dan Melimpah dengan Ucapan syukur (Kolose 2:7)

Sub Tema: Keluarga Pendeta mengandalkan Kekuatan Spiritual Melayani Tuhan dan sesama.
Pembinaan keluarga pendeta GKPI ini adalah bagian dari kegiatan yang berkaitan dengan Tahun formasi Sipiritual 2017 yang dicanangkan saat Ibadah Syukuran (Open House) Kantor Sinode pada bulan Januari yang lalu. 

Ibadah pembukaan dilayani oleh Bishop GKPI dengan nas Yeremia 9:24b. Yeremia 9:24b,  Tuhan menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi, adalah tema lima tahunan GKPI pada periode 2015-2020.  Bishop menyampaikan latar belakang pemilihan dari tema itu adalah berkaitan dengan perjalanan GKPI yang telah berusia 51 tahun yang semua itu adalah oleh kasih karunia Tuhan. 

Dalam khotbahnya Bishop menyampaikan akan keberadaan umat Israel pada masa Yeremia yang diperhadapkan dengan kehadiran nabi palsu Hananya. Hananya hanya berupaya menyenangkan hati raja kala itu. Sedangkan Yeremia menyampaikan firman Allah sebagaimana adanya. Ia menyampaikan perkataan Allah walau itu sangat menyakitkan. Yeremia menyampaikan akan kasih Tuhan, pertolongan Tuhan dan keadilan Tuhan. Keadilan Tuhan terletak pada kasihNya. GKPI, menurut Bishop, hampir sama seperti Israel pernah mengecawakan Tuhan yaitu adanya dualisme kepemimpinan kala itu.  Bishop juga menyingung tentang gerakan reformasi Martin Luther  yang tujuannya adalah agar gereje menuju gereja yang sesungguhnya. 

Motto GKPI dalam melayani adalah Tuhan adalah Gembala yang Baik, Melayani dan bukan dilayani, Imamat Am orang percaya. Kiranya hal ini terus menerus mewarnai perjalanan GKPI.  Ada pun tujuan dari pembinaan ini, menurut Bishop, adalah agar para istri/suami pendeta menjadi pendamping setia yang tetap memotivasi pasangan agar tetap gigih melayani dan mensyukuri akan berkat Tuhan dan kasih karunia Tuhan atas perjalanan GKPI ke depan. 

Usai ibadah dilanjutkan dengan pembukaan Pembinaan Keluarga Pendeta GKPI Tahun 2017 yang didahului laporan dari Ketua Panitia Ibu Gaberia Pardede. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada peserta  Pembinaan keluarga pendeta. Beliau menyampaikan bahwa dalam rangka Tahun Formasi Spiritual GKPI 2017 ada tiga rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan panitia ini, yang pertama pembinaan keluarga Pendeta, Festival Koor BKS Perempuan GKPI Tingkat Sinode dan kebangungan Rohani Perempuan yang akan dilaksanakan pada tgl 2 September 2017 di GKPI Sidorame Medan, dan Ketiga Perayaan Ulang tahun GKPI ke 53 Tahun dilaksanakan pada tgl 3 September 2017 di GKPI Medan Kota secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Bishop GKPI.  Setelah itu baru dilakukan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya pembinaan keluarga Pendeta oleh Bishop GKPI.

Kata sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua BKS GKPI Tingkat Sinode Pdt. MPR Simanungkalit, S.Th  dan dilanjutkan dengan Kata Sambutan Ibu Bishop GKPI L br. Situmorang. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan bahwa peran para suami-isteri pendeta GKPI sangat menentukan pelayanan di tengah-tengah penatalayanan GKPI.  Beliau pun menyampaikan menjadi isteri-suami pendeta di gKPI adalah anugerah Allah yang luar biasa sebab tidak semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk mendampingi Pendeta. Selanjutnya Ibu Ny GM Panggabean-br Hutagalung menyampaikan kata sambutan dengan menekankan kiranya keluarga pendeta istri-suami pendeta menjadi pendamping yang setia dalam melayani Tuhan.

Dalam kegiatan ini diisi dengan beberapa Sesi Seminar antara lain dari Mr. Spirit Saut Sitompul, M.Si, M.Si, CEM dengan judul “Membangun Karakter Kristiani: Melayani, Ev. Dr. Ferdinand Nainggolan (Anggota Majelis Sinode GKPI) dengan judul Spritualitas, dr Christoffel Tobing, SpOG (K) (Anggota Majelis Sinode GKPI) dengan judul: Kesehatan Reproduksi Perempuan dan permasalahannya, Pdt. Prof. Dr. Jan Sihar Aritonang (Dosen STT Jakarta, Pendeta Pensiun GKPI) dengan judul  Kolaborasi  (Kerjasama) Keluarga Pendeta GKPI (Suami, isteri dan anak) untuk meningkatkan mutu pelayanan, Pdt Dr. Rospita Siahaan (Dosen STT HKBP, dan keluarga suami isteri pendeta) dengan judul “Kekuatan Spiritual Isteri/Suami Pendeta: Menguatkan dan menyembuhkan; Bishop GKPI Pdt Oloan Pasaribu, M.Th menyampaikan judul Melangkah bersama menuju visi GKPI dan Vera Christina Hulu, S.Psi. M.Kes dengan judul Peranan Isteri dalam Manajemen Keluarga. Para Kadep bertindak sebagai moderator di setiap sesi. 

Namun dalam satu sesi ada ada sharing pengalaman sebagai Isteri Pendeta yaitu Pdt. CP. Hutagalung dan br. Nainggolan,  Pdt. Raden Samosir  dengan isteri br Simanungkalit. Mereka berkisah tentang pengalaman suami-isteri, suka duka dalam kehidupan keluarga, serta bagaimana saling mendukung. Pdt. Raden Samosir menyampaikan pengalaman beliau bahwa Isteri beliau tidak dibolehkan mencampuri urusan struktural atau organisasi gereja. Isteri berperan secara informal. Beliau juga mengatakan bahwa rumah pendeta harus selalu terbuka.

Penutupan Pembinaan Keluarga Pendeta dilayani oleh Sekjend GKPI Pdt. Ro Sininta Hutabarat, M.Th yang didasarkan pada Kolose 2: 7 dan  2 Petrus 1:5-8. Dalam khotbahnya Sekjend GKPI menekankan akan kebersamaan dan keterbaikan yang mana menjadi keluarga pendeta (isteri atau suami) adalah suatu panggilan demi kemuliaan Tuhan.  Penutupan ini juga dirangkai dengan Perjamuan Kudus yang dilayankan oleh Sekjend GKPI Pdt. Ro Sininta Hutabarat, M.Th.  (HUMGU)

Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Muller Purba 1 Agu
Naek Gultom 10 Agu
Sanny Samosir 12 Agu
Berman Manalu 13 Agu
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
17 Okt 2016
Dan dia menjadi damai sejahtera. Apabila Asyur masuk ke negeri kita dan apabila ia menginjak tanah kita, maka kita akan membangkitkan melawan dia tujuh gembala, bahkan delapan pemimpin manusia. (Mikha 5:4).
16 Okt 2016
Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” (Kejadian 32:28)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.