Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
12 Okt 2016
Tema: : Sharing the good news: faith and grace in action (Berbagi kabar baik: Iman dan Kasih dalam aksi )

Ibadah Perayaan HUT GKPI ke 52 yang dilaksanakan di Kantor Sinode GKPI pada Selasa 30 Agustus 2016 berjalan dengan sangat baik dan sederhana yang dihadiri oleh Pimpinan Sinode GKPI,  Kepala Departemen, Staf kantor Sinode, pendeta Siantar Simalungun, Lembaga-lemabga di GKPI, para vicar yang baru diterima sebanyak 18 orang dan undangan lainnya. Adapun yang menjadi Tema Perayaan HUT GKPI ke 52 tahun ini adalah : Sharing the good news: faith and grace in action ( Berbagi kabar baik: Iman dan Kasih dalam aksi ) yang dikutip dari 2 Korintus 9: 6-15.

Ibadah HUT dipimpin oleh Ka. Departemen Diakonat Pdt. Raden Samosir, S.Th sebagai liturgsinya. Nyanyian Mars GKPI  dilantukan di awal ibadah HUT GKPI ke 52. Seluruh jemaat begitu semangat menandakan suka cita dan rasa syukur atas penyertaan Tuhan Yesus Kristus Raja Gereja sebagai Gembala yang Agung. Dalam panggilan beribadah dinyatakan bahwa adalah anugrah Allah, yang telah mempersekutukan kita di sini dalam ibadah syukur perayaan HUT GKPI ke-52 tahun. Kita mengakui bahwa anugerah Allah jugalah yang membuat GKPI dapat berdiri selama 52 tahun ini. GKPI telah berjalan dalam segala pergumulannya di dalam pertolongan Yesus, Raja Gereja. Maka marilah kita memuji Allah karena segala anugerah-Nya bagi GKPI, menaikkan syukur dan sujud kita pada-Nya. Lalu dilanjutkan dengan nyanyian Ku Masuk ruang maha kudus”.

Dalam Kotbahnya  Bishop membacakan Mazmur 103 : 1-5 dan 2 Kor. 9: 6-15 menyampaikan : Akhir dari Pemberitaan Firman ini atau akhir dari seluruh kehidupan ini  terdapat dalam Mazmur 103. Bishop menguraikan bagaimana kehidupan burung rajawali. Ketika burung rajawali memasuki usia  menjelang tua maka ia akan tinggal di celah-cela batu yang tinggi, bulu-bulu akan mengalami kerontokan dan burung rajawali akan menghempas-hembaskan patuknya sampai terlepas dan diganti dengan patuk yang baru lagi. Anak-anak burung rajawali akan menghantarkan makanan kepada induknya selama proses itu terjadi. Gambaran burung rajawali ini merupakan analogi akan kehidupan ini.

Lalu Bishop melanjutkan dengan menguraikan bahwa dalam Mazmur 103 yang tadi dibacakan bahwa Allah mengampuni umatNya seperti yang telah dilakukan oleh Tuhan Yesus Kristus di Kayu Salib. Melalui bilur-bilurnya kamu menjadi sembuh seperti yang tertulis dalam 1 Petrus 2 : 24; 1 Kor 15 : 55. Itulah kabar baik yang berulang ulang disampaikan oleh Firman Allah uttuk diberitakan oleh para hamba-hamba-Nya.Ketika dalam sejarah sebelum GKPI berdiri masih melihat ketidakbebasan atau masih tersandera dalam memberitakan Kristus yang telah mati itu hanya untuk memuaskan hasrat. Gereja masih berpola pada pelaksanaan yang bersifat taurat saja, belum pada kabar keselamatan bahwa Yesus telah menganugerahkan keselamatan, sehingga organisasi gereja mensejajarkan dirinya seperti Yesus. Menyadari akan hal itu maka GKPI terpanggil untuk mengabarkan Injil Keselamatan bukan untuk memenuhi hasrat keselamatan namun untuk berbuah. Seperti yang tertulis dalam Filipi 1:22. Pertanyaan yang perlu untuk kita renungkan kedepan ialah: GKPI telah berusia 52 tahun, jika GKPI masih ada maka GKPI itu untuk apa? Untuk tujuan apa ? atau hanya dianggap ada sebenarnya sudah tidak ada lagi? Jika itu yang menjadi kenyataannya sebenarnya GKPI tidak ada makna dan arti. Di HUT ke 52 ini,   mari kita menjawab semua pertanyaan itu dengan “ GKPI harus mampu menjadi Buah atau berbuah”. Ketika Yesus berjalan ke kota Yeriko dan melihat pohon ara yang tidak berbuah itu maka Yesus marah dan mengutuk pohon itu. Tuhan Yesus menuntut kita untuk berbuah yang lebat baik ketika kita menjadi orang tua? Apakah kita telah berbuah untuk menjadi orang tua bagi anak-anak kita? Ketika kita menjadi suami, menjadi istri, menjadi anak, menjadi penatua, menjadi majelis jemaat, menjadi jemaat, menjadi pendeta atau menjadi pimpinan sinode apakah kita telah menghasilkan buah bagi Kristus?

Dalam tema sinode sejak GKPI berdiri khususnya pada tahun 1978 “ Mengandalkan Firman Tuhan “ Matius 5: 5, ketika itu saya masih kuliah dan sudah mengikuti kegiatan di tingkat sinode karena mendapat kesempatan sebagai mahasiswa di STT. Saya sangat terkesan karena dengan tema dan ayat yang menjadi landasan GKPI adalah hanya dengan “ Mengandalkan Firman Tuhan”. Berbagai keterbatasan  dalam  konteks perjalanan GKPI waktu itu menjadikan GKPI sungguh berjalan dengan hanya mengandalkan Firman Tuhan. Saat ini kita ingin GKPI menjadi Persekutuan Penyembahan Persembahan, maka sebagai gereja atau institusi, apa yang mendasari kita untuk mewujudkannya? Sekali lagi GKPI tidak akan mampu melakukan itu jika tidak mendasarinya dengan mengandalkan Firman Tuhan. GKPI menyadari bahwa “basis” GKPI adalah Jemaat.  Jemaat haruslah memprioritaskan Firman Tuhan dan jemaat menjadi dasar kuat dalam tujuan dan arah pelayanan GKPI untuk menjadi persekutuan Penyembahan Persembahan itu sendiri.

Setelah kotbah acara dilanjutkan dengan pelantikan personalia Badan Pengurus Lembaga Pelayanan Pengembangan Masyarakat GKPI periode 2015-2020 dengan terlebih dahulu membacakan Surat Keputusan Pimpinan Sinode GKPI oleh Kepala Biro Umum Pdt. Tubiran Simamora, M.Th dengan susunan antara lain :
Ketua : Gandi Situmeang, SE, Ak. MM.
Sekretaris Eksekutif : Pdt. Johnson. P. Robinsar Siregar, S.Si.
Bendahara : Pdt. Maradong Nainggolan, M.Th.
Anggota :
Inong Hanna Th. Simbolon. ST. MM,
Ir. Dipos Rithomas Sihombing,
Richard Thimothy Simanungkalit
Ir. Agus Marpaung.


Pdt. Robinsar Siregar, S.Si
Source: Sgkpi edisi Oktober 2016
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Nov 2017
“Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.” (1 Samuel 2:2) 
26 Nov 2017
“Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.” (Mazmur 95:6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.